Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap motivasi belajar pada masa Ccovid-19 : Penelitian di SMA Plus Al-Ghifari Bandung

Ardiansyah, Muhammad Taufan (2021) Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap motivasi belajar pada masa Ccovid-19 : Penelitian di SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang muncul pada siswa kelas X IPS SMA Plus Al-Ghifari Bandung yaitu adanya kesenjangan atas kegiatan keagamaan terhadap motivasi siswa dalam pengaplikasian dalam kesehariannya. Padahal dari kegiatan keagamaan (pagi rohani) sangat antusias mengikuti pembelajaran tersebut dan memahaminya. Tetapi, faktanya masih rendahnya motivasi siswa dalam belajar dan mengamalkan setiap materi yang telah di sampaikan oleh guru di pagi rohani. Kesenjangan ini menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana pengaruh kegiatan keagamaan terhadap motivasi belajar siswa di masa covid-19 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan keagamaan siswa kelas X IPS di SMA Plus Al-Ghifari Bandung terhadap motivasi belajar siswa pada masa Covid-19. Penelitian ini didasarkan pada kegiatan keagamaan yang di laksanakan di SMA Plus Al-Ghifari Bandung terhadap motivasi belajar siswa pada masa Covid-19 ini. Jadi, terdapat hubungan atau pengaruh antara kegiatan keagamaan terhadap motivasi belajar siswa. Maka, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi pemahaman atau pengaruh siswa terhadap kegiatan kegamaan maka semakin meningkat pula motivasi belajar siswa, serta sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, karena metode ini dipandang cocok untuk menggali dengan menggunakan sebuah hitungan, serta menganalisis hasil dari perhitungan yang menggunakan rumus dan aplikasi SPSS 26. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk meneliti analisis menggunakan rumus korelasi Product Moment, karena kedua variabel berdistribusi normal dan beregresi linear. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan keagamaan termasuk kategori sedang, hal ini terbukti dari rata-rata jawaban keseluruhan yaitu 3,31 berada pada interval 2,7−3,4. Motivasi belajar siswa mencapai kualifikasi sedang pula, hal ini diperoleh rata-rata jawaban keseluruhan sebesar 3,3 yang berada pada interval 2,7−3,4. Kemudian hasil perhitungan korelasi menunjukkan adanya keterkaitan antara kedua variabel sebesar 0,557 dengan berdistribusi normal, atau dengan kata lain Ho ditolak atau H1 diterima yang disebabkan lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; keagamaan;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Taufan Ardiansyah
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:38
Last Modified: 26 Aug 2021 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42198

Actions (login required)

View Item View Item