Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp dengan hasil belajar : Penelitian pada mata pelajaran fikih kelas VII A di MTsN 2 Tasikmalaya

Nurfauziah, Shopia (2021) Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp dengan hasil belajar : Penelitian pada mata pelajaran fikih kelas VII A di MTsN 2 Tasikmalaya. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan dalam kurikulum pembelajaran, dimana pada kurikulum 2013 sekarang sisa tidak hanya dipandang sebagai objek didik saja melainkan menjadi subjek didik yang harus berperan aktif dalam suatu proses pembelajaran. Salah satu keaktifan siswa yang dapat dilakukan saat pembelajaran daring berlangsung yaitu dengan merespon apa yang disampaikan oleh guru Dengan demikian hal itu merupakan salah satu penilaian yang dapat dilakukan guru mengenai hasil belajar yang diperolehnya. Berdasarkan studi dari penelitian terdahulu, diperoleh informasi bahwasannya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor terkhusus dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara daring banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas dan semangat belajar yang sangat menurun. Adapun tujuan dari penelitian ini adlah untuk mengtahui: 1) respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp. 2) hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif. 3) Hubungan atau korelasi antara respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp dengan hasil belajar siswa (penelitian pada mata pelajaran ffikih kelas VII A di MTsN 2 Tasikmalaya). Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp dengan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dimana metode ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran antara dua variabel yang berbeda yaitu X dan Y untuk mengetahui hubungan antara kedua variabelnya. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, dokumentasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan: 1) Realitas respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp (variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,16 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 dengan kategori cukup. 2) Realitas hasil belajar siswa (variabel Y) diperoleh nilai rata-rata 63,1 yang mana skor tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. 3) Realitas hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran daring melalui grup WhatsApp dengan hasil belajar siswa diperoleh angka koefisien 0,951 yang berada dalam rentang interval 0,91 – 1,00, yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori sangat kuat. Adapun berdasarkan hasil hitung pengujian hipotesis diperoleh nilai 16,48 ˃ 1,372 yang artinya dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sedangkan dari hasil koefisien korelasi yang didapat, kadar pengaruhnya sebesar 90,44% yang artinya hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat dan sisanya 9,56% dipengaruhi oleh faktor lain .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon; Grup WhatsApp; Hasil Belajar (kognitif); dan F
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shopia Nurfauziah
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:02
Last Modified: 26 Aug 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42194

Actions (login required)

View Item View Item