Paradigma Wahyu Memandu Ilmu (WMI) dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Darmalaksana, Wahyudin (2021) Paradigma Wahyu Memandu Ilmu (WMI) dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. pp. 1-10. ISSN xxx-xxx-x (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PARADIGMA WAHYU MEMANDU ILMU.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membahas paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam implementasi Tri Dharma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka dengan menerapkan metode dekkriptif-analitis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Wahyu Memandu Ilmu merupakan konsep final secara paradigmatik. Ia menjadi landasan pengajaran dalam bentuk pengembangan bahan ajar, sebagai kerangka berpikir dalam pelaksanaan penelitian untuk penemuan, inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, dan metodologi aksi dalam pengabdian kepada masyarakat. Sehingga implementasi paradigma Wahyu Memandu Ilmu menghasilkan implikasi kekhasan hingga keunggulan universitas dari konsorsium fakultas sejak level masing-masing program studi. Keunggulan ini bukan saja di tingkat nasional, melainkan juga membuka peluang besar bagi keunggulan di tingkat dunia internasional dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat global. Penelitian ini menyimpulkan bahwa paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam implementasi Tri Dharma akan menjadi subjek yang sangat distingtif dan kotributif bagi masyarakat, negara, dan bangsa ketika ia telah menjadi semangat, wawasan pengetahuan, dan horizon kesadaran seluruh sivitas akademika mencakup dosen dan tenaga kependidikan hingga di level mahasiswa melalui pengujian secara terus-menerus untuk menemukan metodologi aksi yang lebih tepat, efektif, dan solutif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Islam, Paradigma, Wahyu
Subjects: Revelations, Apocalypse
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Depositing User: Dr. Wahyudin Darmalaksana
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:44
Last Modified: 26 Aug 2021 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42189

Actions (login required)

View Item View Item