Pengaruh Firm Size, Financial Leverage, dan Sales Growth terhadap Financial Performance pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk periode 2010-2019

Sari, Yesa Tiara Purnama (2021) Pengaruh Firm Size, Financial Leverage, dan Sales Growth terhadap Financial Performance pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk periode 2010-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan langkah awal kegiatan produksi dan menjadi faktor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Financial Performance menjadi aspek yang di pertimbangkan dalam keputusan investasi, karena menggambarkan keadaan keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang merupakan hasil dari banyak keputusan individual yang dibuat secara terus menerus oleh pihak manajemen. Sebagai petunjuk dalam pembuatan keputusan dan kegiatan organisasi pada umumnya dan divisi atau bagian oranisasi pada khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Firm Size terhadap Financial Performance secara parsial; (2) pengaruh Financial Leverage terhadap Financial Performance secara parsial; (3) pengaruh Sales Growth terhadap Financial Performancel secara parsial; (4) pengaruh Firm Size, Financial Leverage dan Sales Growth terhadap Financial Performance secara simultan. Firm size merupakan suatu ukuran yang menunjukkan besar kecilnya suatu perusahaan. Jika firm size meningkat maka financial performance akan ikut meningkat. Financial leverage merupakan kewajiban-kewajiban financial yang sifatnya tetap yang harus dikeluarkan perusahaan, jika financial leverage meningkat maka akan berdampak pada penurunan financial performance. Sales Growth merupakan peningkatan penjualan pada setiap periode, jika sales growth meningkat maka akan diikuti oleh peningkatan financial performance. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis asumsi klasik dan analisis asosiatif. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indomesia (www.idx.co.id). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Firm Size secara parsial tidak berpengaruh terhadap Financial Performance dengan thitung < ttabel (0,751 < 2,447) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Financial Leverage secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial Performance dengan thitung > ttabel (7,027 > 2,447) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sales Growth secara parsial terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Performance dengan thitung < ttabel (0,672 < 2,447) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Firm Size, Financial Leverage dan Sales Growth berpengaruh signifikan terhadap Financial Performance dengan Fhitung > Ftabel yaitu 15,240 > 4,76 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Firm Size; Financial Leverage;Sales Growth; Financial Performance
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Economists
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Yesa Tiara Purnama Sari
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:14
Last Modified: 26 Aug 2021 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42173

Actions (login required)

View Item View Item