Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pembinaan karakter di SMP IT Al-Ikhlas : Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al-Ikhlas Salakuray Garut

Aziz, Muhammad Abdul (2021) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pembinaan karakter di SMP IT Al-Ikhlas : Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al-Ikhlas Salakuray Garut. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena peserta didik di SMP IT Al-Ikhlas mengikuti program kegiatan pembinaan karakter untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan tujuan agar peserta didik dapat menjadikan program pembinaan karakter tersebut sebagai pelatihan karakter positif sejak dini sehigga menjadi kebiasaan dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)Bentuk Kegiatan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, 2)Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, 3)Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Kerangka pemikiran implementasi yang dimaksud peneliti adalah memperhatikan bagaimana penerapan atau implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam, dalam kegiatan Pembinaan karakter. Nilai yang peneliti maksud adalah sesuatu nilai berdasarkan nilai karakter dan perilaku. Untuk memperoleh hakikat dari pada nilai itu sendiri secara utuh yang kemudian dapat diambil manfaatnya oleh individu seseorang, ataupun orang lain sebagai sumber nilai, sebagai bidang studi dan jenis pendidikan yang mencakup keduanya. Pembinaan yang dimaksud oleh peneliti adalah pembinaan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dengan melaksanakan program pembnaan karakter. Adapun karakter yang peneliti maksud adalah sikap atau akhlak yang muncul pada diri peserta didik setelah mereka mempelajari dan melakukan kebiasaan yang meiliki nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara obsrvasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan cara 1) Reduksi data, dalam tahap ini peneliti melakukan pemilihan, dan pemusatan perhatian untuk penyederhanaan, abstraksi, dan transformasi data kasar yang diperoleh. 2) Penyajian data, Peneliti mengembangkan sebuah deskripsi informasi tersusun untuk menarik kesimpulan dan pengambilan tindakan. Display data atau penyajian data yang lazim digunakan pada langkah ini adalah dalam bentuk teks naratif. 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peneliti berusaha menarik kesimpulan dan melakukan verifikasi dengan mencari makna setiap gejala yang diperolehnya dari lapangan, mencatat keteraturan dan konfigurasi yang mungkin ada, alur kausalitas dari fenomena, dan proposisi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka terdapat nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kegiatan pembinaan karakter di SMP IT Al-Ikhlas yang telah disesuaikan dengan rumusan masalah yakni sebagai berikut: a) Bentuk kegiatan; Murottal dan tahfidz Al-Quran, Tausiah atau Muhadarah, Shalat Dhuha, Shalat wajib dzuhur dan ashar berjama'ah, Tahfidzul Quran. b) Nilai-nilai pendidikan Agama Islam; Ibadah dan Aqidah, Dakwah, Pendidikan Karakter. c) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam; Praktek Ibadah dan Karakter atau akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PAI; Pembinaan karakter; Pendidikan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abdul Aziz
Date Deposited: 24 Aug 2021 07:21
Last Modified: 24 Aug 2021 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42132

Actions (login required)

View Item View Item