Pembelajaran baca Al-Qur'an bagi anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dengan metode A Ma Ba : Penelitian di SLB Islam Qatrunnada Banguntapan Bantul Yogyakarta

Hikmah, Uli (2021) Pembelajaran baca Al-Qur'an bagi anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dengan metode A Ma Ba : Penelitian di SLB Islam Qatrunnada Banguntapan Bantul Yogyakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan penemuan anak tunarungu di SLB Islam Quthrunnada yang mampu melafalkan ayat al-Qur`an. Sebagaimana telah diketahui bahwasahnya penyandang tunarungu mengalami kendala dalam pelafalan kata dan bicara, sehingga mereka hanya berbicara menggunakan bahasa isyarat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode A Ma Ba dalam pembelajaran baca al-Qur`an anak tunarungu. 2) Kendala dalam penerapan metode A Ma Ba terhadap anak tunarungu. 3) Hasil dari pembelajaran membaca al-Qur`an dengan metode A Ma Ba anak tunarungu. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa anak tunarungu membutuhkan metode dalam pembelajaran baca al-Qur`an. Salah satunya metode A Ma Ba. Metode A Ma Ba merupakan metode baca al-Qur`an yang digunakan di SLB Islam Qothrunnada sebagai teknik pelatihan olah bahasa yang dimulai dengan terapi pelemasan otot dan syaraf rahang untuk melatih anak mengeluarkan bahasa sebelum proses teknik membaca ayat al-Qur`an yang digabungkan dengan bahasa isyarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan agar informasi yang diperoleh faktual dan akurat. Partisipan pada penelitian ini yaitu satu orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan komponen reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menurut Miles dan Humberman. Dari hasil analisis yang didapatkan menunjukan bahwa: 1) Penerapan metode A Ma Ba ini menggunakan perpaduan lima disiplin ilmu yaitu; terapi wicara, pengembangan bahasa, komunikasi tunarungu, neurologisains dan iqro. 2) Kendala dalam penerapan metode A Ma Ba ini yaitu salah persepsi dalam menangkap dan menerima informasi ketika berkomunikasi. 3) Dalam pelafalannya, pelafalan al-Qur`an anak tunarungu tidak bisa disamakan dengan anak normal pada umumnya. Pelafalan mereka masih terbata-bata tapi bacaannya mulai jelas terdengar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; baca; al-Qur'an; tunarungu; metode
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uli Hikmah
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:55
Last Modified: 01 Sep 2021 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42120

Actions (login required)

View Item View Item