Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predic Observe Explain pada materi sistem pencernaan pada manusia

Fitriah, Inayatul (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predic Observe Explain pada materi sistem pencernaan pada manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAVFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan satu produk yaitu pengembangan LKPD pada sistem pencernaan manusia dengan tujuan untuk membuat LKPD berbasis perdic observe explain (poe) yang berisi sintak yang dapat melatih kemampuan peserta didik dibalut dengan tampilan yang menarik dan menambah minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Langkah-langkah pengembangan yang ditempuh pada penelitian ini adalah pengumpulan data dan informasi untuk analisis masalah, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk akhir. Uji kelayakan dilakukan oleh dosen validator ahli materi, dosen validator ahli media serta dua orang guru mata pelajaran. Setelah produk LKPD pengembangan dinyatakan layak dan valid, kemudian penelitian berlanjut ke tahap uji coba terbatas dengan meminta respon dari lima belas peserta didik menggunakan angket berisi penilaian respon terhadap LKPD yang dikembangkan. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif yang diubah untuk dianalisis secara kuantitatif. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah 88%. Untuk ahli materi sebesar 85%, untuk ahli media 88%, untuk guru mata pelajaran 91% dengan beberapa koreksi dari masing-masing validator. Setelah revisi, LKPD diuji cobakan secara terbatas, dengan hasil uji coba menyatakan bahwa tanggapan peserta didik sangat baik dengan persentase 92%. Presentase keseluruhan dari LKPD tersebut yakni 89% yang menunjukkan bahwa LKPD sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; LKPD; perdic observe explain (poe); Sistem Pencernaan manusia; SMP
Subjects: Education > General Publications of Education
Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Inayatul Fitriah
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:37
Last Modified: 26 Aug 2021 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42118

Actions (login required)

View Item View Item