Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group hubungannya dengan minat belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Terpadu Al Fatih Cikalong Wetan

Muhammad, Raji Rahma (2021) Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group hubungannya dengan minat belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Terpadu Al Fatih Cikalong Wetan. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang dimana merupakan bencana yang memilukan bagi seluruh penduduk bumi. Segala segmen kehidupan tersendat, tanpa terkecuali dunia pendidikan. Banyak lembaga pendidikan yang akhirnya harus ditutup guna menghentikan penyebaran virus covid-19. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pelaku pendidikan, dimana proses pembelajaran harus tetap berjalan tanpa mengambil resiko penularan virus covid-19. Hingga akhirnya proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah masing-masing atau pembelajaran online. Dalam pelaksanaannya, pendidik menggunakan berbagai macam aplikasi sebagai media pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Whatsapp group. Namun bagaimanakah persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group, apakah penggunaan Whatsapp Group mempengaruhi minat belajar mereka Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group pada mata pelajaran PAI 2) Minat belajar siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group pada mata pelajaran PAI 3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group pada mata pelajaran PAI dengan minat belajar siswa Penelitian ini melihat sebuah asumsi bahwa minat belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin positif persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group, maka semakin tinggi minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelasi terhadap responden sebanyak 48 siswa kelas VIII SMP Terpadu Al Fatih Cikalong Wetan. Alat pengumpul data berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan dua pendekatan yaitu Analisis Parsial dan Analisis Korelasional. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis Whatsapp Group berkategori positif (3,96), begitu juga pada minat belajar siswa berkategori tinggi (3,90), karena keduanya berada pada interval 3,51–4,51. Hubungan antara keduanya diperlihatkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,58. Angka korelasi ini signifikan pada taraf signifikansi 5% dan menunjukan korelasi cukup atau sedang. Berdasarkan uji korelasi, hipotesis diterima karena diketahui thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (t hitung = 4,85 > t tabel = 2,01). Kadar pengaruh variabel X terhadap Variabel Y sebesar 33,64%. Sehingga diperkirakan masih terdapat 66,46% faktor lain yang mempengaruhi minat belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Whatsapp Group; Minat belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raji Rahma Muhammad
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:27
Last Modified: 31 Aug 2021 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42115

Actions (login required)

View Item View Item