Pelaksanaan sistem tanggung renteng dalam perjanjian pinjam meminjam jika terjadi wanprestasi: Studi kasus: BKM Mitra Amanah Desa Buahbatu Kec. Bojongsoang

Izatunnisa, Hunafa (2021) Pelaksanaan sistem tanggung renteng dalam perjanjian pinjam meminjam jika terjadi wanprestasi: Studi kasus: BKM Mitra Amanah Desa Buahbatu Kec. Bojongsoang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah telah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kegiatan PNPM dalam bidang ekomoni yakni pinjaman dana bergulir. Dalam pelaksanaan kegiatannya BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) selaku pengelola dana menyalurkan kepada KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebagai penerima pinjaman dana tersebut. Proses kegiatan pinjaman tersebut harus sesuai dengan Pasal 1338 KUHPerdata dan prinsip PNPM Mandiri, akan tetapi sering terjadi wanprestasi dimana anggota KSM ingkar janji dalam melakukan prestasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan sistem tanggung renteng dalam perjanjian pinjam meminjam uang di BKM Mitra Amanah Desa Buahbatu Kec.Bojongsoang, Faktor apakah penyebab terjadinya wanprestasi pada pinjam meminjam uang di BKM Mitra Amanah Desa Buahbatu Kec.Bojongsoang, dan Upaya apakah yang dilakukan dalam penyelesaian wanprestasi pada pinjam meminjam uang di BKM Mitra Amanah Desa Buahbatu Kec.Bojongsoang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran pada Pasal Pasal 1338 KUHPerdata tentang perjanjian dan Pasal 1278 KUHPerdata tentang tanggung renteng. Mengacu pada teori kebebasan berkontrak yang diartikan sebagai kebebasan para subjek hukum untuk mengadakan atau tidak mengadakan perjanjian, kebebasan untuk menentukan dengan siapa mengadakan perjanjian, dan kebebasan untuk menentukan isi dan bentuk perjanjian. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian secara deskriptif analisis dengan metode pendekatan yuridis empiris, dilanjutkan dengan metode pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan lapangan. Dengan metode tersebut penulis menganalisa permasalahan dari sudut hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada, juga menelaah fakta-fakta yang terjadi dalam beberapa kasus dengan berpedoman pada segi hukum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perjanjian yang dilakukan oleh BKM Mitra Amanah terhadap KSM Mawar adalah perjanjian tanggung renteng berdasarkan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, terjadinya wanprestasi dalam perjanjian diakibatkan karena adanya anggota KSM yang tidak bisa membayar angsuran yang sudah jatuh tempo. Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya wanprestasi adalah adanya faktor internal dari pihak BKM Mitra Amanah dan faktor eksternal dari pihak yang berwanprestasi. Upaya yang dilakukan oleh BKM dalam wanprestasi yang dilakukan kelompok masyarakat dengan cara musyawarah dan apabila tidak tercapai kesepakatan maka kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan masalahnya ke Pengadilan Negeri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Renteng; Perjanjian Pinjam Meminjam; Wanprestasi
Subjects: Law
Law > General Publications of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Hunafa Izatunnisa
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:09
Last Modified: 24 Aug 2021 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42110

Actions (login required)

View Item View Item