Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap disiplin kerja ASN : Penelitian pada Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi

Aina, Athia Qorry (2020) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap disiplin kerja ASN : Penelitian pada Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Athia Qorry aina Pengaruh Bimbingan Keagamaan Terhadap Disiplin Kerja ASN (Penelitian Pada Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan agama (pengajian) terhadap kedisiplinan kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif, yaitu metode yang menguji pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dalam penelitian ini, variabel bebas (X) adalah bimbingan agama. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah kedisiplinan/disiplin kerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi dengan jumlah keseluruhan staf/pegawai 151 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh/populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sebagai pengumpulan data yang utama. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa bimbingan agama dan disiplin kerja pegawai sudah cukup baik, dimana bimbingan agama sudah sesuai dengan materi yang dibutuhkan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Kriteria penilaian untuk variabel bimbingan agama sebesar 70,19% termasuk dalam kategori baik. Disiplin kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi sudah baik, dilihat dari dimensi peraturan jam kerja, peraturan berpakaian dinas, ketaatan peraturan cara-cara kerja dan etika kerja (peraturan tentang larangan dan yang dibolehkan dalam organisasi). Kriteria penilaian untuk variabel disiplin kerja sebesar 70,51%, termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukkan terdapat pengaruh positif bimbingan agama terhadap disiplin kerja pegawai. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan besar pengaruh yang ditimbulkan oleh bimbingan agama terhadap disiplin kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi yaitu sebesar 64,4%. Dengan kata lain adalah bahwa 64,4% bimbingan agama memberikan dampak peningkatan disiplin kerja. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 35,6% merupakan faktor-faktor lain yang mempengaruhi disiplin kerja yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan keagamaan; disiplin kerja; ASN
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Athia Qorry Aina
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:37
Last Modified: 25 Aug 2021 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42105

Actions (login required)

View Item View Item