Aktivitas belajar siswa menggunakan media E-Learning Tripe-Six selama pandemi pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI akuntansi I SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi

Fajri, Rully Nurul (2021) Aktivitas belajar siswa menggunakan media E-Learning Tripe-Six selama pandemi pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI akuntansi I SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas adalah kata kunci dari perbutan belajar seseorang, termasuk bagi anak, semakin tinggi seseorang melakukan aktivitas belajar akan semakin baik bagi terjadinya perubahan prilaku, baik sebagai hasil langsung dari perbuatan atau pengalaman belajarnya, maupun sebagai imbas atau dampak tidak langsung dari berbagai aktivitas yang dijalaninya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis melalui wawancara kepada Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666, aktivitas belajar siswa menggunakan media E-Learning Tripe-Six selama pandemi tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, karena kurangnya respon dan minat siswa terhadap model pembelajaran daring seperti saat ini. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti terkait pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan media E-learning Tripe-Six terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Realitas aktivitas belajar siswa menggunakan E-Learning Tripe-Six di kelas XI Akuntansi I SMK Bakti Nusantara 666, (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI Akuntansi I SMK Bakti Nusantara 666. Dan (3) Pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan media E-learning Tripe-Six terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI Akuntansi I SMK Bakti Nusantara 666. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh ivitas belajar siswa menggunakan media E-learning Tripe-Six terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data ialah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis disimpulkan: (1) Realitas aktivitas belajar siswa melalui media E-Learning Tripe-Six termasuk dalam interpretasi tinggi dengan nilai rata-rata 4,13 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. (2) Realitas hasil belajar kognitif pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk pada interval cukup dengan rata-rata hasil responden yang mendapat nilai diangka 68 pada interval 60-69. (3) Pengaruh aktivitas belajar siswa melalui media E-Learning Tripe-Six terhadap hasil belajar kognitif pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam Koefisien korelasinya 0,41 berkisar antara 0,40 – 0,60 artinya masuk dalam kategori sedang. Koefisien determinasinya 81% termasuk pada kategori pengaruh tinggi, dan hasil 2,42 > 2,04 dengan derajat kebebasan 28 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Maka () diterima, dan terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa menggunakan media E-Learning Tripe-Six dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar siswa; Pengaruh; Hasil belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rully Nurul Fajri
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:35
Last Modified: 26 Aug 2021 05:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42102

Actions (login required)

View Item View Item