Penerapan metode al-barqy dalam pembelajaran BTQ : Penelitian deskriptif di kelas I MI ibrahim Ulul Azmi Kapubaten Bandung

Fauzi, Husnan (2021) Penerapan metode al-barqy dalam pembelajaran BTQ : Penelitian deskriptif di kelas I MI ibrahim Ulul Azmi Kapubaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar di suatu sekolah adalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Tepat tidaknya metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat diketahui dari seberapa besar pengaruh metode tersebut terhadap siswa. Di Kelas I MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung, pembelajaran BTQ dilaksanakan dengan menggunakan metode Al-Barqy. Hal ini menjadi pendorong untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran BTQ dengan memakai metode Al-Barqy, pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas I MI Ibrahim Ulul zmi, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat siswa dalam belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi guru BTQ kelas I dan siswa kelas I. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan meresume data makro, kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif, dan disimpulkan. Hasil dari penelitian yakni, 1) Proses pembelajaran BTQ dengan memakai metode Al-Barqy di kelas I MI Ibrahim Ulul Azmi dimulai dari tahap perencanaan dengan menyiapkan materi pembelajaran dan membuat RPP, kemudian melaksanakan pembelajaran dan diakhiri dengan evaluasi pembelajaran, 2) Penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas I yang berjumlah 18 orang, 11 orang siswa diantaranya sudah mampu membaca Al-Qur’an dan 15 orang siswa sudah mampu menulis Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penilaian pula menunjukkan bahwa kemampuan BTQ siswa kelas I MI Ibrahim Ulul Azmi rata-rata tergolong kategori baik, 3) Faktor yang mendukung keberhasilan siswa dalam belajar BTQ diantaranya kemauan yang kuat belajar BTQ, dukungan dari orang tua, kecerdasan, metode yang tepat, fasilitas buku Al-Barqy, dan usia siswa. Adapun faktor yang menghambat siswa dalam belajar BTQ yaitu tidak tekun dan rajinnya siswa dalam mengulang pelajaran serta guru tidak begitu leluasa dalam membimbing siswa belajar BTQ pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode al-barqy; pembelajaran BTQ
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Husnan Fauzi
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:12
Last Modified: 23 Aug 2021 05:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42083

Actions (login required)

View Item View Item