Analisis siyasah dusturiyah terhadap implementasi ketentuan Pasal 8 Ayat (1) dan (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 16 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Reklame Tahun 2020

Rahmayanti, Wulan (2021) Analisis siyasah dusturiyah terhadap implementasi ketentuan Pasal 8 Ayat (1) dan (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 16 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Reklame Tahun 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelanggaran terhadap pemasangan reklame yang mengakibatkan banyaknya reklame yang dipasang tanpa izin maupun reklame yang sudah kadaluwarsa masa izinnya masih terpasang di wilayah kabupaten pangandaran, yang disebabkan karena belum optimalnya komunikasi, kewenangan serta pengawasan dan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangandaran terhadap penyelenggaraan reklame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari dasar hukum penyelenggaraan reklame; untuk mengetaui hambatan-hambatan dan upaya yang dilakukan dalam peaksanaan implementasi; dan untuk mengetaui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Implementasi Ketentuan Pasal 8 Ayat (1) Dan (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 16 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dan teori siyasah dusturiyah. Penelitian ini pada dasarnya belum sesuai dengan perwujudan adanya kemaslahatan yang bersifat umum untuk mencapai suatu keadilan serta manfaat bagi seluruh masyarakat daerah kabupaten pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan konseptual dan metode penelitian yuridis normatif. Data yang digunakan adalah data kualitatif terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya dan data sekunder yang merupakan tulisan-tulisan umum atau yang bersifar kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian serta dengan wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, bahwa dasar hukum petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan reklame adalah Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 16 tahun 2015, tanpa adanya peraturan ini pelaksanaan penyelenggaraan reklame merupakan suatu aktivitas yang bersifat illegal. Kedua, dalam penerapan aturan sebaiknya penyelenggara reklame dan dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu kabupaten pangandaran harus lebih merujuk dan mengikuti segala aturan yang berlaku demi menciptakan kemaslahatan bersama sehingga pelaksanaan peraturan daerah ini berjalan dengan baik. Ketiga, kebijakan pemerintah daerah kabupaten pangandaran memberikan kepastian hukum untuk melaksanakan penyelenggaraan reklame yang merupakan tindakan preventif atau pencegahan untuk menghindari adanya kerugian berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat daerah kabupaten pangandaran. Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan terjadinya kemafsadatan dengan cara menghentikan segala sesuatu yang dapat memungkinkan adanya kemafsadatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Penyelenggaraan Reklame; Perizinan
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Government
Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Indonesia
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Wulan Rahmayanti
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:36
Last Modified: 25 Aug 2021 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42068

Actions (login required)

View Item View Item