Independensi wartawan ANTARA Jabar dalam membuat berita politik: Studi kasus pemberitaan Pilkada Jawa Barat 2020 pada wartawan ANTARA Jabar

Agatha, Agnes (2021) Independensi wartawan ANTARA Jabar dalam membuat berita politik: Studi kasus pemberitaan Pilkada Jawa Barat 2020 pada wartawan ANTARA Jabar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Agnes Agatha. Independensi Wartawan Media ANTARA JABAR dalam Membuat Berita Politik (Studi Kasus Pemberitaan Pilkada Jawa Barat 2020 Pada Wartawan Antara Jabar) Saat ini Jawa Barat sedang ramai mengenai pembertaan Pilkada Jabar 2020. Hampir setiap media memberitakan baik itu media elektronik, cetak, maupun online tidak pernah terlepas dari pemberitaan Pilkada Jabar 2020. Pemberitaan Pilkada Jabar 2020 merupakan salah satu pemberitaan politik, dalam membuat berita politik ini wartawan diharuskan menjaga sikap independensinya, karena berita politik merupakan sebuah berita yang mudah untuk diikut campuri oleh pihak-pihak lain yang memiliki kepentingannya sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti mengenai independensi wartawan Antara Jabar dalam membuat berita politik pada pemberitaan Pilkada Jabar 2020. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap independensi wartawan Antara Jabar terhadap teori hirarki pengaruh dalam membuat berita politik. Dimana dalam teori ini ada lima level yang dapat mempengaruhi sikap wartawan dalam membuat konten isi medua atau berita. Penelitian ini menggunakan model Pamela J, Shoemaker & Stephen D. Reese yang membahasa mengenai pengaruh isi media. Pengaruh terhadap isi media ini memiliki lima level diantaranya level invidu, level rutinitas media, level organisasi media, level ekstramedia, level ideologi. Untuk mengatahui bagaimana sikap independensi wartawan media Antara Jabar dalam membuat konten media atau berita politik Pilkada Jabar 2020. Hasil penelitian ini menunjukan sikap independensi wartawan media Antara Jabar dalam membuat berita politik, pada kelima level tersebut bahwasanya wartawan Antara Jabar dalam menjalankan tugasnya mereka dapat menjaga sikap independensinya. Untuk bisa menjaga sikap independensi, wartawan media Antara Jabar biasa melakukan evaluasi sebelum melakukan tugasnya, agar wartawan bisa lebih memahami berita yang akan dibuat. Kemudian menurut informan seorang wartawan harus bisa memahami kode etik jurnalistik untuk menjaga sikap independensi mereka saat berada di lapangan. Diakui oleh informan pada level individu ada baiknya memang jika seorang wartawan memiliki latar belakang kejurnalistikan agar bisa lebih memahami mengenai ilmu-ilmu jurnalistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Independensi; Wartawan; Berita; Antara.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Agnes Agatha
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:19
Last Modified: 23 Aug 2021 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42066

Actions (login required)

View Item View Item