Persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar anak di rumah : Penelitian pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas IV di MI Husainiyah

Nurhalimah, Rina (2021) Persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar anak di rumah : Penelitian pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas IV di MI Husainiyah. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan,semenjak ada wabah covid-19 kegiatan belajar mengajar (KBM) di MI Husainiyah terbagi menjadi dua cara pertama menggunakan sistem belajar dalam jaringan (daring) kedua menggunakan sistem belajar luar jaringan (luring). Namun persepsi orang tua terhadap aktivitas belajar anak di rumah ini belum diketahui. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengakaji lebih jauh tentang persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar anak dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Realitas persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring di rumah pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. (2) Pandangan orang tua terhadap aktivitas belajar anak di rumah pada mata pelajaranm PAI dan Budi Pekerti. (3) Pengaruh atau hubungan orang tua terhadap aktivitas belajar daring anak di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan 20 butir pernyataan. Untuk menguji instrumet yang telah dibuat maka peneliti melakukan uji coba instrumen penelitian yang dilakukan pada tanggal 27 Maret di Madrasah Miftahul Hasanah. Angket terdiri dari 20 butir pernyataan 6 butir dinyatakan gugur maka untuk menutupi soal yang gugur peneliti mengganti item pernyataan dengan item yang baru sehingga butir pernytaan yang dipakai menjadi valid dan reliabel dengan perolehan (r hitung= 0,816). Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IV MI Husainiyah yang berjumlah 40 responden yang ditentukan menggunakan metode sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif korelasional dalam bentuk deskriptif, distribusi frekuensi dan korelasional.. Hasil penelitian ini: 1) Persepsi orang tua siswa mengenai pembelajaran daring Persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring termasuk pada interpretasi rendah. Berdasarkan skor perhitungan angket dengan rata-rata 60,3 yang berada pada interval 50 – 70. Berarti realita persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring dikategorikan rendah. 2) Aktivitas belajar siswa di rumah berdasarkan pandangan orang tua termasuk pada interpretasi rendah. Berdasarkan skor perhitungan angket dengan rata-rata 55,3 yang berada pada interval 50 – 70. Berarti aktivitas belajar anak di rumah berdasarkan pandangan orang tua dikategorikan rendah. 3) Hubungan antara persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring dengan aktivitas belajar anak di rumah pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti diperoleh hasi koefisien korelasi sebesar 0,592 yang berarti bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut dikategorikan kedalam hubungan positif yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi orang tua; pembelajaran daring; aktivitas belajar;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rina Nurhalimah
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:47
Last Modified: 02 Sep 2021 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42050

Actions (login required)

View Item View Item