Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar kognitif pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah: Penelitian di MI Al-Misbah Kota Bandung

Noviyanti, Noviyanti (2021) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar kognitif pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah: Penelitian di MI Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan orang tua menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bimbingan orang tua siswa kelas IV, untuk mengetahui prestasi belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran tematik, dan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik di MI Al-Misbah Kota Bandung. Hipotesis penelitian ini yaitu ada korelasi positif yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar kognitif pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 55 siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara untuk mengetahui bimbingan orang tua dan dokumentasi nilai untuk mengetahui prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi bivariate yang mana diawali dengan uji normalitas, lalu uji korelasi, dan diakhiri dengan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bimbingan orang tua siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung memiliki rata-rata sebesar 81,09 dan berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata dari prestasi belajar kognitif siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung yaitu sebesar 70,96 dan berada dalam kategori tinggi. Hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di MI Al-Misbah Kota Bandung termasuk dalam kategori cukup atau sedang. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus Product Moment bahwa nilai r hitung sebesar 0,474. Dengan signifikansi 5% dan jumlah responden 55, maka diperoleh r tabel sebesar 0,266. Dengan begitu, nilai r hitung (0,474) > r tabel (0,266). Maka, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar kognitif siswa. Hal ini dapat menunjukkan bahwa 23% prestasi belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh bimbingan orang tua. Oleh karena itu, perlu dipertahankan dan ditingkatkan bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya agar anak mendapat prestasi yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua; Prestasi Belajar Kognitif; Pembelajaran Tematik; Pembelajaran Daring
Subjects: Psychology
Elementary Education
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noviyanti Noviyanti
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:22
Last Modified: 29 Sep 2021 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42014

Actions (login required)

View Item View Item