Dampak urbanisasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat: Studi di Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap

Nasir, Ilham (2021) Dampak urbanisasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat: Studi di Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan perkiraan tingkat urbanisasi dari Badan Pusat Statistik, setiap provinsi di Indonesia dari tahun 2010 akan terus mengalami peningkatan jumlah urbanisasi, dan diperkirakan menyentuh angka 66,6 persen pada tahun 2035 untuk seluruh wilayah Indonesia, Dengan banyaknya penduduk desa yang melakukan urbanisasi pada akhirnya memberikan berbagai dampak yang timbul ditengah masyarakat desa yang memicu perubahan seperti berkurangnya rasa kekeluargaan, dan gotong-royong, individualis, persaingan yang ketat, gaya hidup konsumtif, serta mulai meninggalkan nilai-nilai kepercayaan yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa faktor yang mempengaruhi masyarakat Desa Sarwadadi melakukan urbanisasi, serta untuk mengetahui bagaimana dampak urbanisasi terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa Sarwadadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer, dan sekunder. Data primer yaitu hasil observasi serta wawancara dengan masyarakat Desa Sarwadadi. Untuk data sekunder yaitu hasil dari bahan bacaan seperti buku, dan jurnal. Landasan teori yang digunakan penulis adalah teori migrasi push, & pull Everett S. Lee. Dimana menurut Lee fenomena migrasi ataupun perpindahan penduduk bisa dipengaruhi dari empat faktor yaitu faktor pendorong, dan penarik dari daerah asal maupun tujuan, serta faktor lainnya yaitu faktor antara yang mana bisa diartikan sebagai penghalang, ataupun penghambat migrasi, dan yang terakhir faktor personal yang mana berasal dari dalam diri pribadi seseorang yang mempengaruhi keputusannya untuk bermigrasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan masyarakat berurbanisasi terbagi menjadi dua yaitu faktor dari daerah asal, dan faktor dari daerah tujuan. Sedangkan untuk dampak urbanisasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat meliputi perubahan pola pikir, dan pola perilaku, gaya hidup, gotong royong, kondisi ekonomi masyarakat, mata pencaharian, pertanian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Urbanisasi; Teori Migrasi; Masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nasir
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:07
Last Modified: 18 Aug 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41965

Actions (login required)

View Item View Item