Tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL dan Hubungannya dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP Karya Budi Cileunyi

Fathurrohmah, Omah (2021) Tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL dan Hubungannya dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP Karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, secara umum siswa menunjukan perilaku hormat terhadap dewan guru, guru PPL dan warga sekolah lainnya, seperti selalu tersenyum, mengucap salam dan mencium tangan saat bertemu. Akan tetapi diperoleh informasi bahwa sebagian siswa/siswi di sana mengindikasikan minat belajar yang kurang. Hal ini dapat dilihat dari banyak siswa yang izin ke toilet, tertidur, tidak membawa buku, tidak menulis dan bermain serta mengobrol ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini menunjukan bahwa terjadi kesenjangan antara sikap penerimaan mereka terhadap guru-guru termasuk guru PPL dengan minat dalam belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL, (2) Realitas minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Hubungan tanggapan Siswa terhadap keberadaan guru PPL dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa minat belajar seseirang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya tanggapan siswa terhadap pendidiknya (dalam kasus ini Guru PPL). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan semakin positif tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL, maka akan semakin tinggi pula minat belajar mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Adapun alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data kualitatif dilakukan dengan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif dilakukan dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL di kelas IX SMP Karya Budi Bandung termasuk kategori cukup, berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 3,10 yang berada pada interval 2,06 - 3,39. (2) Realitas minat belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam berkategori cukup berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 3,12 yang berada pada interval 2,06 – 3,39. (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap keberadaan guru PPL dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini berdasarkan koefisien korelasi variabel X terhadap Variabel Y adalah 0,69 dengan kategori kuat atau tinggi, sebab berada pada interval 0,60 – 0,79. Begitupun hasil uji hipotesis menunjukan Thitung = 9,29 > Ttabel = 0,201. Dengan demikian H0 ditolak artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y. Adapun besarnya pengaruh variabel X terhadap Variabel Y adalah 28%. Maka, ada faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru PPL; Minat Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Omah Fathurrohmah
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:57
Last Modified: 01 Sep 2021 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41953

Actions (login required)

View Item View Item