Keefektifan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Multiple Intelegensi di SMP Negeri 8 Bandung : Penelitian quasi experimental di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung tahun ajaran 2020/2021

Syafei, Achmad Zaenal Maulidan (2021) Keefektifan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Multiple Intelegensi di SMP Negeri 8 Bandung : Penelitian quasi experimental di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung tahun ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (Daftra Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri 8 Bandung dapat diketahui bahwa pelajaran pendidikan agama islam perlu mendapat perhatian guna meningkatkan keefektifan pembelajaraan pendidikan agama islam berbasis multiple intelegensi kurang optimal karena dalam memfokuskan pembelajaran kepada peserta didik. Hal ini perlu ditelusuri agar guru dengan mudah memberikan dorongan penuh terhadap proses pembelajaran, dari berbagai pengamatan yang dilakukan kurangnya seorang guru dalam memerankan manajemen kelas. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran yang berbasis multiple intelegensi, dimana metode pembelajaran multiple intelegensi dapat meningktakan keefektifan pembelajaran agama islam, karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan respon yang diberikan oleh guru atau peserta didik menunjukkan pengaruh yang baik terhadap keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendidikan agama islam berbasis multiple intelegensi. Tujuan peneliti adalah 1) mengetahui pembelajaran pendidikan agama islam yang berbasis multiple intelegensi, 2) memahami proses pembelajaran berbasis multiple intelegensi, dan 3) untuk mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelegensi. Dari kerangka pemikiran pendidik perlu menggunakan pendekatan pembelajaran agar kemampuan peserta didik bisa berkembang optimal, sehingga perlu alur kerangka pemikiran agar keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam mulai dari perencanaan, tujuan dan evaluasi dengan ditunjang metode pembelajaran multiple inetelegensi akan menghasilkan pembelajaran yang akan diharapkan guru dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen (penelitian kualitatif). Populasi yang diteliti adalah kelas VII SMP Negeri 8 Bandung. Data keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple inetegensi diperoleh respon dari guru (100) responden dan respon pembelajaran yang diberikan oleh peserta didik diperoleh responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelegensi memiliki positif terhadap kualitas pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keefektifitas Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Dan Multiple Inetelegensi;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Zaenal Maulidan Syafei
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:28
Last Modified: 16 Aug 2021 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41950

Actions (login required)

View Item View Item