Pengaruh Self Regulated learning terhadap integritas akademik mahasiswa dengan religiusitas sebagai variabel moderator

Sukaesih, Esih (2021) Pengaruh Self Regulated learning terhadap integritas akademik mahasiswa dengan religiusitas sebagai variabel moderator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa merupakan bagian dari insan akademik yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dengan pendidikan hidup menjadi terarah, bijak dalam mengambil keputusan dan lebih luas lagi dengan pendidikan dapat merubah peradaban manusia menjadi lebih baik. Namun pada realitanya terdapat permasalahan moral dalam dunia pendidikan khususnya pada mahasiswa yaitu tindakan kecurangan akademik. lebih jauh lagi hal ini membawa dampak buruk terhadap perilaku mahasiswa ketika sudah masuk dunia kerja dengan melakukan tindakan kecurangan, tentu hal ini menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan serta dicari penyelesaian masalahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self regulated learning terhadap integritas akademik mahasiswa dengan menjadikan religiusitas sebagai variabel moderator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional kausalitas. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 380 responden mahasiswa dengan menggunakan tiga skala pengukuran yaitu skala self regulated learning, academic integrity scale dan religiusitas. Analisis statistiknya menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis), hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh self regulated learning terhadap integritas akademik dengan religiusitas sebagai variabel moderator sebesar 54,2% dan 45,8% lainnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning; integritas akademik; religiusitas
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Esih Sukaesih
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:16
Last Modified: 26 Aug 2021 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41946

Actions (login required)

View Item View Item