Analisis nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto dan relevansinya terhadap pembelajaran PKn di SD/MI

Maesaroh, Neneng (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto dan relevansinya terhadap pembelajaran PKn di SD/MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang menggambarkan masyarakat lebih menyukai dan bangga terhadap budaya asing daripada budaya lokal bangsa Indonesia, kemudian ditemukan gejala menurunnya rasa nasionalisme di lingkungan sekolah, diantaranya masih banyak siswa yang belum memiliki jiwa kebangsaan secara utuh yang terekam pada saat pembelajaran PKn, kurangnya pemahaman tentang materi pancasila sehingga munculnya sikap individualisme yang mengakibatkan rasa ketidakpedulian antar teman. Dari hal tersebut, maka perlunya penanaman nilai pendidikan kebangsaan yang dipupuk sejak dini melalui pembelajaran PKn di SD/MI agar dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menopang keberhasilan proses pembelajaran maka diperlukannya media pembelajaran diantaranya yaitu media Film. Film merupakan suatu bentuk karya sastra hiburan berwujud audiovisual yang memiliki kaitan erat dengan pendidikan yang didalamnya memiliki makna tersirat. Diantaranya yaitu Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Film ini merupakan film edukasi yang memuat gambaran nilai-nilai pendidikan kebangsaan. Pemilihan film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk mendeskripsikan secara mendalam adanya nilai-nilai pendidikan kebangsaan yang tercermin dalam setiap adegan yang diperankan oleh setiap tokoh dalam film tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto dan untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto terhadap pembelajaran PKn di SD/MI. Nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto memiliki relevansi atau kesesuaian dengan pembelajaran PKn di SD/MI. Dengan demikian, film ini dapat dijadikan sebagai upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan kebangsaan pada pembelajaran PKn di SD/MI. Jenis pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analisis dengan objek Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Analisis data adalah analisis isi dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat tujuh nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, keadilan, multikulturalis dan nilai patriotik. Sedangkan relevansi nilai-nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto terhadap pembelajaran PKn di SD/MI yaitu adanya keterkaitan nilai pendidikan kebangsaan dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto dengan materi pembelajaran PKn di SD/MI, sehingga film ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran atau bahan ajar yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran PKn di SD/MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Kebangsaan; Film; Pembelajaran PKn
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neneng Maesaroh
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:23
Last Modified: 18 Aug 2021 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41939

Actions (login required)

View Item View Item