Peranan Pengawas Madrasah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Rumpun Pai Pada Masa Covid 19 Menuju Tatanan Kehidupan Baru”: Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat

Muslimin, Muslimin and Rusdiana, A. and Hidayat, Ara (2021) Peranan Pengawas Madrasah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Rumpun Pai Pada Masa Covid 19 Menuju Tatanan Kehidupan Baru”: Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 (1). ISSN xxx-xxx-xx (Submitted)

[img]
Preview
Text
001- Tesis Muslimin 2021 Prog Beasiswa Kemenag 2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertimbangan peneliti bahwa peranan pengawas madrasah untuk meningkatkan profe-sionalisme guru rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Mpili yang kurang Maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pengawas madrasah dalam Menyusun Program Kepengawasan, baik dalam melakukan supervisi akademik pada aspek administrasi dan sikap profesionalisme guru sertifikasi maupun dalam melakukan supervisi manajerial di Madrasah Tsanawiyah Mpili kecamatan donggo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Williem Sprigel Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Pengawas Menyusun program tahunan, programsemester, silabus dan rencana Kerja Pengawas (RKP) sebagai bukti fisik bahwa guru-gurunya layak mengajar dan memenuhi standar kualifikasi pendidikan Strata satu (S1) disertai serti-fikat pendidik. (2) melaksanakan supervisi akademik tentang kinerja guru di lembaga ini dibantu oleh wakil kepala sekolah dengan penuhtanggung jawab, dan guru diberikan kewenangan penuh untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensinya 3) melaksanakan supervisi manajerial dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja Kepala madrasah dillembaga ini dengan memperhatikan komponen-komponen administrasi serta berupaya untuk membenahinya.

Item Type: Article
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. A. Rusdiana
Date Deposited: 14 Aug 2021 19:52
Last Modified: 14 Aug 2021 19:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41934

Actions (login required)

View Item View Item