Manajemen pembelajaran daring berbasis aplikasi e-Learning dan kompetensi kepribadian guru pengaruhnya terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi

Irawan, Ari (2021) Manajemen pembelajaran daring berbasis aplikasi e-Learning dan kompetensi kepribadian guru pengaruhnya terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan lanjutan dari program sebelumnya sebagai solusi terhadap turunnya moral anak bangsa, karena salah satu urgensi PPK adalah “Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan siswa guna mewujudkan keunggulan bersaing Generasi Emas 2045: Kualitas Karakter, Literasi Dasar, Kompetensi 4C (Critical Thinking an Problem Solving, Creativity, Communication Skills, dan Ability to Work Collaboratively). Namun, dalam menerapkan pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan dengan cara langsung secara kontinyu dikarenakan aturan dari pemerintah untuk melakukan pembelajaran daring (online), sehingga sulit bagi pendidik untuk menerapkan pendidikan karakter secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang manajemen pembelajaran daring berbasis aplikasi e-learning, kompetensi kepribadian guru, dan penguatan pendidikan karakter peserta didik serta mengetahui pengaruh dari manajemen pembelajaran daring berbasis aplikasi e-learning dan kompetensi kepribadian guru terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Kerangka berpikir dari penelitian ini merujuk kepada teori Syafaruddin konsep Suryati dan Siti Johar Insiyah dimana dalam manajemen pembelajaran daring berbasis aplikasi e-learning dapat dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya internet, intranet, dan externet. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan dengan metode kuantitatif deskriptif korelatif yang pengumpulan datanya berupa angket dan studi pustaka. Kemudian angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji validitas, normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian ini Penelitian ini menggunakan Uji F Simultan yang berarti uji pengaruh variabel X secara bersama-sama terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan, jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Namun jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Nilai Sig untuk Regression adalah 0,042 b nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Nilai R Squere penelitian ini adalah 0,105 atau 10,5%. Sehingga dapat dikatakan Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi E-Learning dan Kompetensi Kepribadian Guru secara bersama-sama meberikan pengaruh sebesar 10,5% sisanya (100% - 10,5% = 89,5%) dipengaruhi oleh faktor lain seperti insting, pengalaman, kebiasaan, dan keturunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Daring E-Learning; Kompetensi Kepribadian Guru; Penguatan Pendidikan Karakter
Subjects: Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Irawan
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:57
Last Modified: 28 Jan 2022 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41922

Actions (login required)

View Item View Item