Pesan dakwah dalam lagu etnik Sunda Islami karya Yus Wiradiredja : Analisis isi terhadap album Jamaah karya Yus Wiradiredja

Ilahy, Najma Tasya (2021) Pesan dakwah dalam lagu etnik Sunda Islami karya Yus Wiradiredja : Analisis isi terhadap album Jamaah karya Yus Wiradiredja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi ini, eksistensi kesenian tradisional perlu menyesuaikan kembali dengan permintaan masyarakat. Karena jika tidak dapat menyesuaikan dengan era saat ini, maka kesenian tradisional akan tegeser dengan kesenian popular. Oleh karena itu, jika kesenian tradisional hilang, maka nilai-nilai kearifan dari kesenian tradisional tidak dapat dikembangkan sebagai syiar agama. Dengan memasuki era globalisasi ini, maka akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi kesenian tradisional agar tetap bisa dilestarikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, yakni suatu kegiatan penelitian untuk mengetahui isi pesan komunikasi secara mendalam dengan mengklasifikasikannya secara sistematis, generalis dan objektif pada lirik lagu. Adapun metode analisis isi ini menggunakan Teori Semiotik Model Roland Barthes yang bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, mitos serta kategori pesan dakwah yang terdapat dalam lirik Lagu Etnik Sunda Islami dalam Album “Jamaah” karya Yus Wiradiredja. Penelitian ini pun dilakukan dengan pendekatan kualitatif agar mempermudah peneliti untuk mengetahui klasifikasi fokus penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilaksanakan, peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut : 1) Makna denotasi dalam lirik lagu album “Jamaah” adalah keinginan pencipta lagu agar masayarakat dapat menanamkan sifat toleransi dan sabar 2) Makna konotasinya pencipta lagu merasa selaku umat Islam harus senantiasa menumbuhkan rasa toleransi dan sabar untuk mencapai kekuatan Islam. 3) Makna mitosnya, pencipta lagu ingin menyampaikan bahwa masyarakat masih minim akan kesadaran untuk menanamkan sifat toleransi dan sabar. 4) Pada penelitian ini pun ditemukan adanya signifikansi penerapan kategori pesan akhlak pada lagu Jamaah dan Amparan Suci.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Pesan Dakwah; Lirik Lagu
Subjects: Islam > Islam and Arts
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najma Tasya Ilahy
Date Deposited: 15 Aug 2021 23:42
Last Modified: 15 Aug 2021 23:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41908

Actions (login required)

View Item View Item