Pengaruh Total Aset Turnover (TATO) dan Quick Ratio (QR) terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. PP London Sumatera Indonesia, Tbk Periode 2009-2018

Alviani, Alviani (2021) Pengaruh Total Aset Turnover (TATO) dan Quick Ratio (QR) terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. PP London Sumatera Indonesia, Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Operating Profit Margin (OPM) merupakan perbandingan antara laba usaha dan penjualan. Besar kecilnya Operating Profit Margin (OPM) dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya Total Asset Turnover (TATO) dan Quick Ratio (QR). Total Asset Turnover (TATO) dan Quick Ratio (QR) menjelaskan mengenai pengukuran kemampuan pada suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya dan juga merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya dengan tidak memperhitungkan persediaan, karena persediaan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk direalisir menjadi uang kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Operating Profit Margin (OPM), 2) Pengaruh Quick Ratio (QR) secara parsial terhadap Operating Profit Margin (OPM), dan 3) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Quick Ratio (QR) secara simultan terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada PT. PP London Sumatera Indonesia Tbk, periode 2009-2018. Kerangka berpikir dalam penelitian ini apabila dalam sebuah perusahaan dalam mengelola asetnya efektif, nilai perputarannya juga tinggi maka penggunaan total asetnya cenderung akan semakin efektif dan semakin tinggi tingkat penjualan kemudian kemampuan perusahaan dalm menghasilkan labanya akan semakin besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan PT. PP London Sumatera Indonesia, Tbk. periode 2009-2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis kuantitatif, dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung sebesar 21,820 dan nilai Ftabel sebesar 4,74. Hal ini sudah memenuhi syarat Fhitung ≥ Ftabel yakni 21,820 ≥ 4,74. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara Total Asset TurnOver (TATO) dan Quick Ratio (QR) terhadap Operating Profit Margin (OPM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Aset Turnover (TATO); Quick Ratio (QR); Operating Profit Margin (OPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Alviani Alviani
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:00
Last Modified: 13 Aug 2021 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41896

Actions (login required)

View Item View Item