Hubungan sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19: penelitian korelasi di SDN Batu Ampar 08 Pagi

Dzakiyyah, Rohadatul (2021) Hubungan sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19: penelitian korelasi di SDN Batu Ampar 08 Pagi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Dengan variabel X yaitu Sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dan variabel Y yaitu hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1) sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh di SDN Batu Ampar 08 Pagi. 2) hasil belajar siswa saat pembelajaran jarak jauh di SDN Batu Ampar 08 Pagi. 3) hubungan sikap siswa pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di SDN Batu Ampar 08 Pagi. Indikator variabel X yaitu kebebasan, kemandirian, keluwesan, kesesuaian, mobilitas, dan efisiensi. Sedangkan indikator untuk variabel Y yaitu dikhususkan ranah kognitif pada tingkat pengetahuan (C1), pemahaman (C2), dan penerapan (C3). Hipotesis penelitian ini yaitu H0: Tidak terdapat Hubungan yang signifikan antara sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa di SDN Batu Ampar 08 Pagi Jakarta Timur. H1: Terdapat Hubungan yang signifikan antara sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa di SDN Batu Ampar 08 Pagi Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas 4 SDN Batu Ampar 08 Pagi yang berjumlah 63 orang. Data Sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dikumpulkan dengan menggunakan angket model Skala Likert yang di kalibrasikan dengan memakai uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk data hasil belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi dari nilai ujian tengah semster (UTS) mata pelajaran Temaik pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Uji persyaratan analisis untuk normalitas sebaran populasi memakai uji Kolmogorov-Smirnov, dan didapatkan data hasil uji normalitas variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Untuk mengetahui hubungan antara vriabel X dan Variabel Y menggunakan uji korelasi product moment. Untuk mengetahui presentase besarnya distribusi variabel Y yang disebabkan oleh variabel X menggunakan koefisien determinasi. Pengujian tersebuat menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh masuk dalam kategori baik dengan persentase sebanyak 70%. 2) Hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebanyak 81%. 3) Adanya hubungan yang signifikan positif antara sikap siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan Hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di SDN Batu Ampar 08 pagi dengan nilai koefisien korelasi 0,553 (sedang).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Pembelajaran Jarak Jauh; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohadatul Dzakiyyah
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:21
Last Modified: 13 Aug 2021 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41877

Actions (login required)

View Item View Item