Upaya peningkatan profesionalisme guru dan dampaknya terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an : Penelitian di SDIT Al-Izzah Serang dan SDIT Al-Hanif Cilegon

Syaefulloh, Syaefulloh (2021) Upaya peningkatan profesionalisme guru dan dampaknya terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an : Penelitian di SDIT Al-Izzah Serang dan SDIT Al-Hanif Cilegon. Doktoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Izzah dan Al-Hanif merupakan sekolah yang menjadikan program Al-Qur’an sebagi program unggulan. Dalam penerapanya menemukan banyak kendala yang cukup besar pada profesionalisme guru Al-Qur’an. Oleh karena itu lembaga melakukan upaya peningkatan profesionalisme guru Al-Qur’an yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi; 1) Profesionalisme guru Al-Qur’an, 2) Program peningkatan profesionalisme guru, 3) Implementasi program, 4) Evaluasi program, 5) Faktor pendukung dan penghambat program peningkatan profesionalisme guru Al-Qur’an, dan 6). Dampak program terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an Paradigma penelitian ini dibangun menggunakan teori pendidik atau guru, profesionalisme dan pembelajaran Al-Qur’an yang dimplementasikan dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititaf dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, mendisplay, verifikasi, memaparkan dan mengambil simpulan. Hasil peneletian menunjukkan; 1) Profesionalisme guru SDIT Al-Izzah dan Al-Hanif tergolong baik dalam aspek kompetensi kognif, afektif, kepribadian dan kesejahteraan guru. Sementara itu, aspek bidang studi tergolong lemah. 2) Program SDIT Al-Izzah adalah pembinaan izzati, pembinaan tahsin, simaan, sertifikasi guru, mukhoyyam, supervisi, kelompok kerja guru, studi banding, seminar dan bina pribadi Islami. Program SDIT Al-Hanif adalah tashih, tahsin, sertifikasi guru, coach, supervisi, pembinaan tilawah, pembinaan koordinator, seminar dan kajian selasa siang. 3) Implementasi program SDIT Al-Izzah berjalan baik pada sertifikasi guru, supervisi, kelompok kerja guru dan bina pribadi Islami. Implementasi program SDIT Al-Hanif berjalan baik pada tashih, tahsin, sertifikasi guru, coach, supervisi, pembinaan tilawah, pembinaan koordinator dan program kajian selasa siang. 4) Evaluasi program SDIT Al-Izzah berupa laporan tertulis kepada koordinator tanpa adanya pembahasan, sehingga kurang optimal dan hasilnya belum sesuai harapan. Evaluasi program SDIT Al-Hanif berjalan cukup baik dan hasilnya sesuai harapan. 5) Faktor pendukung berkaitan dengan guru yang sudah sarjana, landasan ilmu pengetahuan kependidikan, penggunaan metode, sarana prasarana yang memadai dan dukungan lingkungan sekolah. Adapun faktor pengahambat berkaitan dengan guru yang tidak khusus, materi pelatihan yang kurang lengkap, waktu pelaksanaan yang kurang dan kesejahteraan guru. 6) Program SDIT Al-Izzah memberi dampak terhadap profesionalisme guru dalam aspek penambahan jumlah hafalan, akan tetapi belum memberi dampak positif terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an. Sementara itu, Program SDIT Al-Hanif memberi dampak positif terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Guru; Mutu Pembelajaran; Al-Quran
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 13 Aug 2021 01:45
Last Modified: 13 Aug 2021 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41870

Actions (login required)

View Item View Item