Penerapan metode Kibar A untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al Quran hadist : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 MI Fathul Khoer Kabupaten Bandung

Putri, Nandani Aulia (2021) Penerapan metode Kibar A untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al Quran hadist : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 MI Fathul Khoer Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah terkait dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah,permasalahan yang terjadi dalam aktivitas siswa ketika proses pembelajaran Al Quran Hadist di kelas 1, terdapat siswa yang belum mampu membaca huruf hijaiyah dengan benar, diantaranya masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah dan melapalkan huruf hijaiyah yang sama bunyinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) kemampuan membaca huruf hijaiyah sebelum diterapkan metode Kibar A pada siswa di kelas I MI Fathul Khoer Kabupaten Bandung. 2) Penerapan Metode Kibar A dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswadi kelas 1 MI Fathul Khoer Kabupaten Bandung pada setiap siklus. 3) Kemampuan Membaca huruf hijaiyah setelah diterapkan Metode Kibar A di kelas I MI Fathul Khoer Kabupaten Bandung seluruh siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa dapat ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penggunaan metode. Perlunya metode yang sesuai dengan apa yang hendak dicapai. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode kibar A. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan yaitu diduga dengan menggunakan metode kibar A dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah di kelas 1 MI Fathul Khoer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian yaitu berupa observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Subjek atau respoden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Fathul Khoer. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa hasil kemampuan siswa sebelum menggunakan metode kibar A termasuk kedalam kategori kurang dengan rata-rata nilai 50,4 dan persentase ketuntasan belajar 5%. Adapun keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I tindakan I sebesar 68%, pada siklus I tindakan II sebesar 76%, pada siklus II tindakan I sebesar 83%, pada siklus II tindakan II menjadi sebesar 88%. Sedangkan keterlaksanaan aktivitas siwa pada siklus I tindakan I sebesar 75%, pada siklus I tindakan II sebesar 80%, pada siklus II tindakan I sebesar 83%, pada siklus II tindakan II menjadi sebesar 85%. Sedangkan hasil kemampuan membaca huruf hijaiyah mengunakan metode kibar A mengalami peningkatan. Pada siklus I tindakan I rata-rata nilai siswa 59,55 dengan persentase ketuntasan belajar 15%, pada siklus I tindakan II rata-rata nilai siswa 66,7 dengan persentase ketuntasan belajar 30%, pada siklus II tindakan I rata￾rata nilai siswa 74,55 dengan persentase ketuntasan belajar 60%. pada siklus II tindakan II rata-rata nilai siswa 83,9 dengan persentase ketuntasan belajar 80%. Dengan demikian penelitian PTK ini telah selesai dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kibar A; metode; membaca; huruf hijaiyah;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nandani Aulia Putri
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:08
Last Modified: 12 Aug 2021 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41848

Actions (login required)

View Item View Item