Pembinaan terhadap remaja yang bermasalah dengan hukum di kalangan penghuni ‎lembaga pembinaan khusus anak: Penelitian pada remaja-remaja penghuni LPKA Kelas II Bandung

Prasetyo, Ghaly (2021) Pembinaan terhadap remaja yang bermasalah dengan hukum di kalangan penghuni ‎lembaga pembinaan khusus anak: Penelitian pada remaja-remaja penghuni LPKA Kelas II Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya kasus kenakalan remaja mendorong angka kriminalitas yang ‎banyak terjadi pada anak. Anak yang bermasalah dengan hukum akan ‎ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak untuk dilakukan pembinaan ‎dan pendidikan secara khusus. Selama dalam proses rehabilitas anak akan dididik ‎dan dilatih untuk dapat terjun di masyarakat setelah dilakukan rehabilitasi.‎ Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor terjadinya ‎kenakalan remaja. Selain itu untuk mengetahui pembinaan anak yang bermasalah ‎dengan hukum. Serta dampak dari program anak yang bermasalah dengan hukum ‎di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. ‎ Penelitian ini menggunakan aspek teori hegemoni dalam masyarakat yang ‎dapat mempengaruhi seseorang melakukan hal-hal tertentu. Pengaruh hegemoni ‎memiliki kekuatan tinggi dalam kasus ini. Anak yang memiliki lingkungan baik ‎atau buruk dipengaruhi oleh hegemoni atau pengaruh dari masyarakat sekitar. Jadi ‎anak remaja harus beradaptasi terhadap lingkungan sekitar tanpa menilai baik ‎ataupun buruk.‎ Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode ‎deskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer dan sekunder. ‎Teknik pengumpulan meliputi observasi, wawancara secara intens, dan ‎dokumentasi selama peneliti berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II ‎Sukamiskin kota Bandung. Analisis data yang digunakan yaitu mempersiapkan ‎instrumen data, pengumpulan data, klasifikasi data, pendekatan analogis logika, ‎dan penarikan kesimpulan.‎ Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor terjadinya kenakalan ‎remaja dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan, dan keadaan anak tersebut. Remaja ‎yang bermasalah dengan hukum ini akan dibina oleh Lembaga Pembinaan Khusus ‎Anak untuk untuk dapat merubah prilaku mereka menjadi manusia yang lebih ‎baik. Dampak yang dirasa anak didik yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus ‎Anak adalah terpenuhinya hak pendidikan bagi anak dan meningkatkan iman dan ‎takwa anak.‎

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Hukum; Lembaga; Lingkungan‎
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Criminology > Child Abuse
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ghaly Prasetyo
Date Deposited: 12 Aug 2021 15:15
Last Modified: 13 Aug 2021 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41825

Actions (login required)

View Item View Item