Aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 51 Bandung materi Thaharah/ bersuci

Fitriyani, Annisa (2021) Aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 51 Bandung materi Thaharah/ bersuci. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunya hasil belajar kognitif siswa dalam mengikuti pembelajaran daring saat ini, dikarenakan melihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar nya yang tidak optimal. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi di kelas VII, guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran. Secara umum siswa mengikuti dengan baik dan guru pun melaksanakan dengan baik. Berdasarkan itu peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti secara daring, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 3) Hubungan aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini melihat pada sebuah asumsi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya oleh aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran, maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pendekatan dalam penelitian ini, yakni pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan korelasional. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dalam menganalisis data yang sudah terkumpul penulis menggunakan analisis statistik dengan menempuh analisis parsial perindikator, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) Aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran (variabel X) termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,76. Angka tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI (variabel Y) termasuk kategori baik sekali dengan skor 80,5. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100. 3) Hubungan variabel X dan Y memiliki koefisien korelasi sebesar 0,45, berada pada interval 0,41 – 0,60, artinya korelasi sedang atau cukup. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung (2,76) ≥ ttabel (1,697) dengan demikian hipotesis (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Media Audio Visual; Hasil Belajar PAI & BP
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Fitriyani
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:57
Last Modified: 13 Aug 2021 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41820

Actions (login required)

View Item View Item