Supervisi Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi e-pengawas di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu

Muklis, Muklis (2021) Supervisi Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi e-pengawas di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi covid-19 berdampak pada kegiatan pengawasan yang tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka. Hal ini menambah permasalahan sebelumnya yakni kurangnya jumlah pengawas PAI SMP di Kabupaten Rejang Lebong ang hanya 1 orang membina 63 SMP padahal jika menurut PMA Nomor 2 Tahun 2012 pengawas PAI pada sekolah Pengawas PAI pada Sekolah adalah ekuivalen dengan 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam per minggu, Pengawas Madrasah melaksanakan tugas pengawasan terhadap minimal 7 (tujuh) Madrasah/Sekolah, dan Pengawas PAI pada Sekolah melaksanakan tugas pengawasan terhadap paling minimal 20 (dua puluh) Guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi supervisi Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi e-pengawas di SMP Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitan yang didapat lalu diolah dan dianalisis menggunakan analisis yang melingkupi empat langkah, yakni koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Supervisi PAI adalah Menyusun Program Pengawasan yang terdiri dari: Program Pengawasan Tahunan, Program Pengawasan Semester, dan Rencana Kepengawasan Akademik (RKA). Program pengawasan yang disusun tersebut diinput pada aplikasi e-pengawas. 2) Pelaksanaan supervisi PAI terdiri dari a). kegiatan pembinaan guru PAI melalui teknik tidak langsung yaitu secara online, b). pembimbingan profesionalisme guru PAI melalui zoom meeting pada kegiatan MGMP, c). pemantauan SNP PAI oleh pengawas PAI dan d). penilaian kinerja guru PAI dengan pengisian instrumen penilaian yang dibuat pada google form selanjutnya dikirim ke grup whatsapp guru PAI. 3). Evaluasi supervisi meliputi penilaian hasil pelaksanaan program pengawasan. dan pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan yang diolah pada aplikasi e-pengawas versi 5.0 untuk menghasilkan fortofolio digital. Pada evaluasi ini pengawas menganalisis temuan permasalahan selama kegiatan supervisi untuk secara langsung dicari solusi kongkrit untuk membantu sekolah/guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Pendidikan Agama Islam; Aplikasi e-Pengawas
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mukhlis Mukhlis
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:33
Last Modified: 31 Jan 2022 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41812

Actions (login required)

View Item View Item