Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan media Microsoft Team ditinjau dari hasil belajar siswa: Penelitian kuantitatif eksperimen di Kelas V SDIT Insan Teladan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurjanah, Ai (2021) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan media Microsoft Team ditinjau dari hasil belajar siswa: Penelitian kuantitatif eksperimen di Kelas V SDIT Insan Teladan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

pembelajaran secara daring (belajar dalam jaringan), sehingga menuntut para pendidik untuk mampu menguasai media pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan semaksimal mungkin, karena adanya dampak pandemi Covid-19. Penggunakan media jarak jauh seperti platform WhatsApp, Google Classroom, Zoom dan e-learning lainnya, menjadi salah satu solusi untuk mengatasi terkendalanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Aplikasi Mcrosoft Teams menjadi salah satu media berbasis komputer yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Microsoft Teams merupakan platform kolaborasi dan komunikasi terpadu yang menghubungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (kolaborasi bentuk berkas) dan integrasi aplikasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan seberapa efektifnya pembelajaran jarak jauh menggunakan media Microsoft Teams dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Karena pembelajaran haruslah terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik, terutama dalam pembelajaran Matematika disekolah dasar. Hipotesis tersebut efektif rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media Microsoft Teams pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Ekperimen yang dilaksanakan di SDIT Insan Teladan Kabupaten Bandung dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian diambil dari populasi kelas V yang berjumlah 32 siswa (kelas V-A 16 siswa dan kelas V-B 16 siswa) dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling untuk menetukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian didapatkan dari hasil belajar siswa berupa tes objektif yang dianalisis dengan uji t pihak kiri dan pemerolehan presentase uji N-Gain. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di materi Pengumpulan dan Penyajian Data diperoleh hasil belajar siswa yang menggunakan media Microsft Teams (kelas eksperimen) dengan rata-rata sebesar 91,56 sedangkan hasil belajar siswa yang belajar secara mandiri (kelas kontrol) dengan rata-rata sebesar 90,63. Dari hasil uji t perbedaan rata-rata uji pihak kiri (uji t-Aksen) diperoleh thitung = 0,21 dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = (n1atau n2-1) = 15 dan taraf signifikasi (∝) 5% = 0,75. Maka diketahui bahwa thitung< ttabel. Artinya bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol lebih kecil daripada kelas eksperimen, ini menunjukan perbedaan yang cukup signifikan. Selanjutnya berdasarkan nilai N-Gain Score diperoleh hasil presentase sebesar 60%, berdasarkan tafsiran perolehan uji N-Gain ini menunjukan bahwa pembelajaran jarak jauh menggunakan media Microsoft Teams cukup efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembelajaran Jarak Jauh; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ai Nurjanah
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:42
Last Modified: 13 Aug 2021 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41807

Actions (login required)

View Item View Item