Peranan pengawas madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru rumpun PAI pada masa Covid 19 menuju tatanan kehidupan baru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat

Muslimin, Muslimin (2021) Peranan pengawas madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru rumpun PAI pada masa Covid 19 menuju tatanan kehidupan baru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertimbangan peneliti bahwa peranan pengawas madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Mpili yang kurang Maksimal. : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pengawas madrasah dalam Menyusun Program Kepengawasan, baik dalam melakukan supervisi akademik pada aspek administrasi dan sikap profesionalisme guru sertifikasi maupun dalam melakukan supervisi manajerial di Madrasah Tsanawiyah Mpili kecamatan donggo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Williem Sprigel dan Peraturan Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2013 yang mengatakan “bahwa pengawas madrasah sebelum melaksanakan supervisi perlu menyusun program Pengawas mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi ”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tehnik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Madrasah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru, dan pengawas madrasah. Teknik analisis data melalui Reduksi data, Penyajian data, dan kesimpulan (Verivikasi) data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Pengawas Menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana Kerja Pengawas (RKP) sebagai bukti fisik bahwa guru-gurunya layak mengajar dan memenuhi standar kualifikasi pendidikan Strata satu (S1) disertai sertifikat pendidik. (2) melaksanakan supervisi akademik tentang kinerja guru di lembaga ini dibantu oleh wakil kepala sekolah dengan penuh tanggung jawab, dan guru diberikan kewenangan penuh untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensinya (3) melaksanakan supervisi manajerial dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja Kepala madrasah dillembaga ini dengan memperhatikan komponen-komponen administrasi serta berupaya untuk membenahinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Profesionalisme Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muslimin Muslimin
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:17
Last Modified: 31 Jan 2022 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41805

Actions (login required)

View Item View Item