Analisis faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran Tematik secara daring pada masa pandemi Covid-19: Mixed Methods Research di SDN Babakan Siliwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung

Santoso, Evani Widya (2021) Analisis faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran Tematik secara daring pada masa pandemi Covid-19: Mixed Methods Research di SDN Babakan Siliwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik berbasis dalam jaringan (daring) memang memberikan perubahan dalam media pembelajaran yang kreatif. Namun, tidak dipungkiri pembelajaran dalam jaringan ini tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan, banyak kendala yang dirasakan oleh masyarakat. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis mengenai faktor apa saja yang menghambat proses pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis proses pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring, hambatan yang terjadi saat proses pembelajaran tematik secara daring, faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran tematik secara daring pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan mix methods yang mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian sekuensial eksploratori, yakni pada tahap awal peneliti mengumpulkan dan menganalis data kualitatif kemudian dilanjutkan mengumpulkan dan menganalis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN Babakan Siliwangi, Kp. Cibuntu Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi umum pada pembelajaran tematik secara daring di SDN Babakan Siliwangi berjalan sesuai aturan pemerintah Nomor 4 Tahun 2020, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan metode serta media dalam pembelajaran tematik secara daring. Hambatan yang terjadi saat pembelajaran tematik secara daring meliputi (1) keterbatasan guru dalam menguasai teknologi; (2) keterbatasan sumber daya pendukung; (3) problematika peserta didik. Adapun faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring terbagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) sarana dan prasarana pembelajaran daring; (2) keterbatasan ekonomi orang tua siswa; (3) latar belakang orang tua siswa; (4) kurang menguasai teknologi. Sedangkan faktor eksternal meliputi (1) kurangnya perangkat teknologi; (2) ketidakstabilan jaringan internet; (3) banyaknya tugas; (4) ketidaksiapan pendidik. Sehingga pihak sekolah melakukan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut, diantaranya: (1) guru di SDN Babakan Siliwangi belajar lebih kreatif menyajikan materi pembelajaran tematik; (2) peserta didik yang terkendala diperbolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka; (3) guru mendatangi rumah orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik; Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evani Widya Santoso
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:04
Last Modified: 13 Aug 2021 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41801

Actions (login required)

View Item View Item