Pengaruh Cash and Cash Equivalents dan Inventories terhadap Total Current Assets pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Elnusa, Tbk. Periode 2009-2018

Maulana, Andi Sukma (2021) Pengaruh Cash and Cash Equivalents dan Inventories terhadap Total Current Assets pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Elnusa, Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Total Current Assets dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya oleh Cash and Cash Equivalents dan Inventories. Permasalahan muncul ketika perolehan Cash and Cash Equivalents dan Inventories yang tinggi tidak diikuti dengan tingginya perolehan Total Current Assets. Dan sebaliknya ketika, perolehan Cash and Cash Equivalents dan Inventories yang turun tidak diikuti dengan turunya perolehan Total Current Assets. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Cash and Cash Equivalents secara parsial terhadap Total Current Asssets; 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Inventories secara parsial terhadap Total Current Assets; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Cash and Cash Equivalents dan Inventories secara simultan terhadap Total Current Assets pada PT. Elnusa, Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Cash and Cash Equivalents dan semakin tinggi Inventories, maka akan semakin tinggi Total Current Assets. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Cash and Cash Equivalents dan Inventories sebagai variabel independen dan Total Current Assets sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode deskripif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu yaitu laporan keuangan PT. Elnusa, Tbk. Periode 2009-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh PT. Elnusa, Tbk yaitu http://www.elnusa.co.id. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial Cash and Cash Equivalents tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Assets dengan kontribusi sebesar 0,5%. Sedangkan sisanya sebesar 99,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (2) Secara parsial Inventories tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Assets dengan kontribusi sebesar 5,1%. Sedangkan sisanya sebesar 95,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (3) Secara simultan Cash and Cash Equivalents dan Inventories tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Assets dengan kontribusi sebesar 5,6%. Sementara sisanya sebesar 95,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cash and Cash Equivalent; Inventories; Total Current Assets
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Andi Sukma Maulana
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:59
Last Modified: 12 Aug 2021 01:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41777

Actions (login required)

View Item View Item