Pengaruh kebiasaan belajar siswa di masa pandemi terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada materi akhlakul karimah: Penelitian kuantitatif deskriptif survei terhadap siswa kelas tinggi di MI Nurussalam SM

Prihastuti, Ceci (2021) Pengaruh kebiasaan belajar siswa di masa pandemi terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada materi akhlakul karimah: Penelitian kuantitatif deskriptif survei terhadap siswa kelas tinggi di MI Nurussalam SM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 tentunya berdampak sangat besar terhadap proses belajar siswa. Pembelajaran dimasa pandemi nyatanya tidak dapat berjalan secara efektif sehingga kegiatan belajar mengajarpun tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, maka terdapat perubahan pada proses siswa dalam belajar, kebiasaan belajar ataupun dari hasil belajar yang menurun dan terjadi perubahan pelaksanaan pembelajaran sehingga proses belajar mengajarpun menjadi dengan metode belajar jarak jauh atau yang sering disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebiasaan belajar merupakan suatu bentuk aktivitas dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh setiap siswa di sekolah ataupun di rumah. Pada dasarnya dari kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa akan menghasilkan ilmu pengetahuan. Antara kebiasaan belajar dan hasil belajar memiliki hubungan yang positif artinya semakin kebiasaan belajar baik maka nilai hasil belajar akan maksimal. Pada hasil belajar untuk penelitian ini difokuskan pada hasil belajar kognitif pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlakul karimah. Adapun hasil yang diperoleh dari angket mengenai kebiasaan belajar siswa MI Nurussalam SM di masa pandemi dalam kategori rendah di lihat dari rata-rata yaitu 66,87 dan data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa termasuk pada kriteria baik di lihat pada persentase keterlaksanaan guru 86% dan siswa 73% dan untuk hasil belajar hanya beberapa siswa yang mencapai nilai KKM yang ditentukan, secara keseluruhan hasil belajar diperoleh rata-rata sebesar 59,77 pada kategori cukup. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa dimasa pandemi dan hasil belajar aqidah akhlak pada materi akhlakul karimah siswa MI kelas III, IV, V dan VI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas III, IV, V dan VI yang berjumlah 40 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, angket dan tes yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, pengujian hipotesis korelasi, uji signifikansi, regresi sederhana dan determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data diperoleh t_hitung = 0,397 dengan signifikansi 0,05 dan t_tabel = 0,312 maka penelitian ini menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa di masa pandemi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada materi akhlakul karimah. Besarnya pengaruh kebiasaan belajar siswa dimasa pandemi terhadap hasil belajar siswa aqidah akhlak pada materi akhlakul karimah sejumlah 15,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar dimasa Pandemi; Hasil Belajar; Aqidah Akhlak
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ceci Prihastuti
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:07
Last Modified: 13 Aug 2021 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41757

Actions (login required)

View Item View Item