Hubungan motivasi belajar dengan pemahaman konsep siswa mata pelajaran IPA pada saat pembelajaran jarak jauh: Penelitian korelasional di Kelas Tinggi MI Insan Madani Kota Bandung

Khoupipah, Rakhma (2021) Hubungan motivasi belajar dengan pemahaman konsep siswa mata pelajaran IPA pada saat pembelajaran jarak jauh: Penelitian korelasional di Kelas Tinggi MI Insan Madani Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep yang dimiliki siswa pada saat pembelajaran jarak jauh, khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dimana kondisi belajar yang berubah secara tiba-tiba karena wabah covid-19 yang menyebar di Indonesia, pembelajaran yang dilakukan secara berjauhan membuat siswa kehilangan motivasi belajar sehingga berakibat pada pemahaman konsep yang dilihat dari hasil belajar kognitif siswa. Saat pelaksanaan pembelajaran, semangat belajar siswa hanya diawal pembelajaran saja, selain itu, hasil belajar dengan menggunakan sitem pembelajaran jarak jauh kurang mencapai kriteria penilaian, dimana hasil rata-rata penilaian harian pada mata pelajaran IPA adalah 70 sedangkan nilai KKM yaitu 75 sehingga ada sebagian siswa mengikuti remedial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas tinggi MI Insan Madani Kota Bandung dengan jumlah responden sebanyak 69 siswa. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui motivasi belajar pada siswa dan tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang diperoleh dari guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: motivasi belajar pada siswa kelas Tinggi MI Insan Madani Kota Bandung berada pada kategori tinggi, dengan hasil rata-rata jawaban angket 87. Pemahaman konsep siswa kelas tinggi MI Insan Madani Kota Bandung pada mata pelajaran IPA saat pembelajaran jarak jauh tergolong sangat baik, dengan rata-rata nilai yang didapatkan ialah 89. Hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep siswa kelas tinggi MI Insan Madani Kota Bandung, termasuk pada kategori rendah. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji statistik korelasi menggunakan rumus produc moment bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,384. Nilai tersebut diinterpretasikan korelasi berkategori rendah karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,384 berada pada interval 0,200-0,399, dengan sigfikasi 5% diperoleh r tabel sebesar 0,237, sehingga jika nilai r hitung 0,384 > r tabel 0,237. Selain itu hipotesis yang diperoleh bahwa h0 ditolak, yang artinya bahwa terdapat korelasi positif serta signifikan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep dengan tingkat hubungan rendah. Dengan hasil korelasi positif ini dapat dinyatakan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula pemahaman konsep siwa yang dilihat dari hasil belajarnya, demikian pula sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa maka semakin rendah pula pemahaman konsep siwa yang dilihat dari hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh; Motivasi Belajar; Pemahaman Konsep
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rakhma Khoupipah
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:40
Last Modified: 12 Aug 2021 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41750

Actions (login required)

View Item View Item