Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa X SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi

Alfata, Rizwan (2021) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa X SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas belajar adalah keaktifan atau pekerjaan yang melibatkan fisik, antara lain kegiatan jasmani dan kegiatan psikis, kegiatan fisik adalah kegiatan aktif siswa dan anggota tubuh, sedangkan kegiatan mental adalah kecerdasan siswa yang berperan dalam kegiatan mengajar. Sehingga aktivitas sangat menentukan hasil belajar seseorang. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti nusantara 666, aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group tidak sepenuhnya berjalan lancar dilakukan dikarenakan kurangnya mendapat respon dari siswa. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Realitas aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group di kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. 2) Realitas hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. 3) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-kuantitatif yang terdapat pada jenis penelitian korelasional. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Setelah itu, untuk analisis data dibagi menjadi dua pendekatan, ialah analisis deskriptif serta analisis korelasi. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.. Dari hasil analisis dapat disimpulkan: 1) Realitas aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group termasuk pada interpretasi tinggi, dengan skor rata-rata 3,78, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk pada kategori cukup, dengan skor rata-rata 66, dan 3) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, memperoleh angka koefisien korelasinya 0,80 termasuk tinggi pada interval koefisien 0,70-0,90. Hasil uji hipotesis menunjukkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Aktivitas Belajar Siswa; Whatsapp Group; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Adult Education > Distance Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rizwan alfata
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:31
Last Modified: 12 Aug 2021 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41748

Actions (login required)

View Item View Item