Tanggapan siswa terhadap penggunaan Media pembelajaran audio visual Youtube pada masa pandemi hubungannya dengan hasil belajar Fikih : Penelitian pada siswa kelas XI MA Al-Falaahiyah Sumedang

Fatimatuzzahro, Sity (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan Media pembelajaran audio visual Youtube pada masa pandemi hubungannya dengan hasil belajar Fikih : Penelitian pada siswa kelas XI MA Al-Falaahiyah Sumedang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat pnyebaran COVID-19. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksanakan melalui daring. Penggunaan gadget di masa pandemi dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis aplikasi, pasalnya siswa cenderung lebih banyak berinteraksi dengan gadget selama pembelajaran daring ini, sehingga tanggapan terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube semakin tinggi. Di satu sisi, respon siswa terhadap pembelajaran Fikih dengan menggunakan media audio visual berbasis aplikasi youtube sangat baik. Namun, di sisi lain masih banyak siswa yang hasil belajar Fikihnya rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa kelas XI terhadap penggunaan audio visual youtube, 2) Hasil belajar Fikih siswa kelas XI, 3) Hubungan tanggapan siswa kelas XI terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube dengan hasil belajar siswa di MA Al-Falahiyyah pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswasalah satunya adalah terhadap penggunaan media pembelajaran audiovisual youtube. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin baik respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube maka akan semakin tinggi pula hasil belajar kognitifnya. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 40 orang siswa kelas XI MA Al-falaahiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,27 yang berada pada interval 0,40-0,59. (2) Hasil belajar Fikih siswa dengan nilai rata-rata sebesar 80,2 berkategori sangat baik, yang berada pada interval 80-100. (3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube dengan hasil belajar Fikih berkategori sedang, memperoleh angka koefisien 0,4520 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (3,0910)> ttabel (2,0243) yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Audio Visual Youtube; Hasil Belajar Fikih Siswa;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sity Fatimatuzzahro -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:04
Last Modified: 12 Aug 2021 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41731

Actions (login required)

View Item View Item