Pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cibuaya Karawang

Badriah, Yayah (2021) Pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cibuaya Karawang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 1 Cibuaya Karawang pada pelajaran PAI salah satu materinya hidup tenang dengan kejujuran. Tujuan dari materi ini adalah siswa dapat meneladani dan mencontoh sikap jujur, siswa mampu bersikap sebagai muslim yang berakhlak mulia, siswa dapat melaksanakan dan mempraktikan materi hidup tenang dengan kejujuran dengan membiasakan sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, masih belum tercapai. Hal tersebut menarik untuk diteliti mengenai adakah hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran dengan akhlak mereka di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas VII terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran, 2) Akhlak siswa kelas VII di SMPN 1 Cibuaya Karawang, 3) Untuk mengetahui hubungan pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran dengan akhlak mereka kelas VII SMPN 1 Cibuaya Karawang. Penelitian ini bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak diantaranya pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran dengan akhlak mereka di sekolah. Artinya, semakin baik siswa dalam pemahaman materi hidup tenang dengan kejujuran maka semakin baik pula akhlak siswa di sekolah begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 40 siswa kelas VII G SMPN 1 Cibuaya Karawang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji koefesien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran berkategori sedang dengan perolehan skor 43.55 yang berada pada interval 60 – 69. 2) Realitas akhlak siswa kelas VII di SMPN 1 Cibuaya Karawang berkategori baik dengan perolehan skor 4.11 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi hidup tenang dengan kejujuran dengan akhlak kelas VII SMPN 1 Cibuaya Karawang berada pada kategori sedang dengan koefesien korelasi sebesar 0.59 berada pada interval 0.40-0.599. Hasil uji signifikansi koefesien korelasi menunjukan thitung lebih besar dari ttabel (4.22 > 0.312) Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Materi Hidup Tenang dengan Kejujuran; Akhlak;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yayah Badriah
Date Deposited: 11 Aug 2021 14:23
Last Modified: 11 Aug 2021 14:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41727

Actions (login required)

View Item View Item