Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode Ummi hubungannya dengan kemampuan membaca AL- Quran : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Al-Muhajirin Purwakarta

Rahmalia, Zaira (2021) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode Ummi hubungannya dengan kemampuan membaca AL- Quran : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Al-Muhajirin Purwakarta. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Al-Muhajirin Purwakarta pada pembelajaran Al-Quran menggunakan metode UMMI karena dinilai metode ini lebih disiplin, terampil dan menarik minat siswa. Keunggulan metode UMMI tidak hanya bergantung pada kekuatan buku, tetapi pada tiga kekuatan yaitu, metode yang berkualitas, guru yang berkualitas dan system mutu didasarkan pada kualitas. Pada kenyataannya walaupun metode ini sudah diterpakan kurang lebih tujuh tahun masih ada siswa yang tidak lancar membaca Al-Quran dan banyak juga yang bacaan Qurannya tidak memenuhi syarat hukum tajwid. Maka dari itu, penulis menganggap perlu diadakannya suatu penelitian ilmiah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana aktivitas pembelajaran menggunakan metode Ummi hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Al-Muhajirin dengan menggunakan metode UMMI. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Quran di SMP Al-Muhajirin. 3) Hubungan antara aktifitas siswa mengikuti pembelajaran dengan metode UMMI dengan kemampuan membaca Al-Quran. Penelitian ini berdasarkan teori bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran/ hasil belajar, diantaranya yaitu aktivitas siswa dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode Ummi dengan hasil belajar siswa. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi, responden 37 orang siswa Kelas VII C SMP Al-Muhajirin Purwakarta, teknik pengumpul data: angket, observasi, wawancara, tes lisan dan studi dokumentasi, adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Aktivitas siswa mengkuti pembelajaran menggunakan metode Ummi berkategori baik berdasarkan rata-rata 4,01 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Kemampuan membaca Al-Quran berkategori baik berdasarkan rata-rata 75,7 yang berada pada interval 65-80. 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode Ummi dengan kemampuan membaca Al-Quran berkategori sedang atau cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,412 berada pada interval 0,400-0,700. Hipotesis yang didapatkan yaitu adanya hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan menggunakan metode ummi dengan kemampuan membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Metode Ummi; Al-Quran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: zaira zaira rahmalia zai
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:10
Last Modified: 12 Aug 2021 10:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41714

Actions (login required)

View Item View Item