Sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis Quizizz dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian terrhadap siswa kelas X MA Negeri 12 Jakarta

Novaliana, Rizka Jhenia (2021) Sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis Quizizz dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian terrhadap siswa kelas X MA Negeri 12 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa sejak pembelajaran dilakukan secara daring di MAN 12 Jakarta. Adapun yang menjadi faktor penyebabnya yakni siswa merasa bosan atau jenuh dengan media pembelajaran yang monoton. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz, (2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (3) Realitas hubungan antara sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adanya sikap siswa terhadap suatu rangsangan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mengacu pada kerangka berpikir dan hipotesis yakni jika sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz baik maka motivasi belajar mereka pun tinggi begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk menentukan hubungan antara kedua variabel dengan membandingkan hasil pengukuran kedua variabel tersebut. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan pada hasil analisis data menyimpulkan bahwa : (1) Sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz termasuk kategori baik. Berdasarkan nilai rata-rata 3,87 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk pada kategori tinggi. Berdasarkan nilai rata-rata 3,94 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. (3) Hubungan antara variabel X dan Y (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori tinggi dengan nilai korelasi 0,65 yang berada pada interval 0,60 – 0,79. (b) Hipotesisnya diterima, semakin positif sikap siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis quizizz maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. Hal itu berdasarkan pengujian hipotesis yaitu t_hitung > t_tabel (4,57 > 2,05) dan (c) Derajat pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 42,25% yang artinya terdapat 57,75% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar SKI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Quizizz; PAI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Jhenia Novaliana
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:44
Last Modified: 12 Aug 2021 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41713

Actions (login required)

View Item View Item