Hubungan intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan dengan minat belajar pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak Subang

Nurjanah, Enung Siti (2021) Hubungan intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan dengan minat belajar pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah. Dalam berbagai media yang digunakan tersebut, siswa memberikan respon yang baik dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat diartikan bahwa minat siswa cukup baik terhadap pembelajaran daring yang dilakukan. Namun pada kenyataanya masih terdapat 30 % siswa yang belum memiliki minat yang tinggi dalam melihat berbagai konten keagamaan di media sosial Tik Tok tersebut. Dengan adanya data tersebut, maka dapat dilihat bahwa siswa belum sepenuhnya memiliki minat yang tinggi untuk melihat konten keagamaan pada media sosial Tik Tok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak Subang, 2) Realitas minat belajar siswa tersebut pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Hubungan intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan dengan minat belajar siswa tersebut pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa minat belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Minat dapat terjadi apabila seseorang melihat suatu keadaan yang berhubungan dengan kebutuhannya. Maka, bebagai hal yang dilihat oleh seseorang akan membuat minatnya semakin tinggi pada hal tersebut apabila yang dilihat tersebut berhubungan dengan kebutuhannya. Intensitas dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Peneitian ini termasuk dalam penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitaif dan metode deskriptif – kuantitaif. Teknik penelitian dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 30 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan termasuk pada kategori cukup, dengan skor angket rata – rata 2,86, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. 2) realitas minat belajar PAI siswa termasuk pada kategori cukup dengan skor angket rata – rata 2,99, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. 3) Nilai koefisien korelasi sebesar 0,42 menunjukkan bahwa hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan dengan minat belajar PAI siswa termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis kadar pengaruh korelasinya sebesar 17,64 %. Artinya, intensitas penggunaan media sosial Tik Tok konten keagamaan berpengaruh 17,64 % terhadap minat belajar, dan diperkirakan 82,36 % dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Media Sosial Tik Tok; Minat Belajar PAI
Subjects: Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: enung siti nurjanah
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:13
Last Modified: 12 Aug 2021 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41689

Actions (login required)

View Item View Item