Pengaruh kepemilikan publik dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu Corporate Internet Reporting pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk tahun 2017-2020

Ayu, Naila Sri Sukma (2021) Pengaruh kepemilikan publik dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu Corporate Internet Reporting pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk tahun 2017-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya teknologi digital berupa internet di era revolusi industri 4.0 yang menunjang seluruh aktivitas manusia termasuk pelaporan keuangan perusahaan go public sehingga segala sesuatu dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan murah. Meskipun begitu, ternyata masih terdapat laporan keuangan yang disampaikan secara terlambat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kepemilikan publik terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting, seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting serta seberapa besar pengaruh kepemilikan publik dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting secara simultan pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk Tahun 2017-2020. Kepemilikan publik adalah proporsi saham publik atas saham perusahaan. Ukuran perusahaan yaitu tingkatan besar atau kecilnya sebuah perusahaan yang dapat ditentukan dari total aset perusahaan tersebut, sedangkan ketepatan waktu corporate internet reporting adalah sebuah bentuk pelaporan mengenai informasi perusahaan melalui sistem dengan jaringan internet untuk menjangkau seluruh pihak yang berkepentingan secara cepat. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistiknya meliputi analisis regresi linier sederahana dan berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Data yang diolah adalah data laporan keuangan triwulanan, laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk Tahun 2017-2020. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai uji koefisien regresi kepemilikan publik sebesar 0,548 sehingga variabel kepemilikan publik secara parsial tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting. Untuk uji koefisien regresi ukuran perusahaan menunjukkan nilai 0,270 sehingga variabel ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting, dan untuk uji koefisien regresi berganda kepemilikan publik dan ukuran perusahaan menunjukkan nilai 0,502 sehingga variabel kepemilikan publik dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Publik; Ukuran Perusahaan; dan Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Naila Sri Sukma Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2021 00:38
Last Modified: 10 Aug 2021 00:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41683

Actions (login required)

View Item View Item