Pengaruh pendapatan kontribusi dan pendapatan bagi hasil terhadap surplus (defisit) dana Tabarru' di pt Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 : Unit syariah periode 2010-2019

Amini, Ali Ridho (2021) Pengaruh pendapatan kontribusi dan pendapatan bagi hasil terhadap surplus (defisit) dana Tabarru' di pt Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 : Unit syariah periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan dalam mengikuti asuransi sudah menjadi sesuatu yang pokok bagi manusia zaman sekarang ini. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam membuat daya tarik terhadap jasa asuransi menjadi meningkat sehingga asuransi pada hari ini bukan lagi hanya sebagai andalan investasi bagi beberapa orang saja. Pendapatan Kontribusi, Pendapatan Bagi Hasil, dan Dana Tabarru’ merupakan komponen yang sangat erat hubungannya dengan perusahaan asuransi di mana jika Dana Tabarru’ semakin meningkat maka kondisi perusahaan juga akan semakin baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Kontribusi terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’, pengaruh Pendapatan Bagi Hasil terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’, serta pengaruh Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Bagi Hasil terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’ pada perusahaan PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syariah. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan beberapa metode, yakni metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan yang terdapat pada website resmi PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syariah dengan periode 2010-2019. Teknik yang dipakai untuk penelitian ini menggunakan Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Sederhana dan Berganda, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Uji Hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Pendapatan Kontribusi berpengaruh signifikan terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’, besarnya pengaruh Pendapatan Kontribusi sebesar 84,1% terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’. Secara parsial, Pendapatan Bagi Hasil berpengaruh terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’, besarnya pengaruh Pendapatan Bagi Hasil sebesar 60,3%. Secara simultan, Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Bagi Hasil berpengaruh terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’, besarnya pengaruh Pendapatan Kontribusi dan Pendapatan Bagi Hasil sebesar 96,05% terhadap Surplus (Defisit) Dana Tabarru’.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Kontribusi; Pendapatan Bagi Hasil; Dana Tabarru’.
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Insurance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ali Ridho Amini
Date Deposited: 09 Aug 2021 08:09
Last Modified: 09 Aug 2021 08:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41667

Actions (login required)

View Item View Item