Efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang

Nurjanah, Marlina Siti (2021) Efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstract

Aduan masyarakat merupakan sebuah informasi yang disampaikan oleh masyarakat, baik perseorangan atau kelompok yang didalamnya berisi mengenai keluhan atau ketidak puasan mayarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Pengaduan yaitu sebuah proses penyampaian informasi yang berisi keluhan, complain atau ketidakpuasan. Pengelolaan pengaduan adalah kegiatan yangdilakukan suatu organisasi atau lembaga dalam menerima dan menangani keluhan yang datang dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penlitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menurut Creswell yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan bahan audio-visual. Kemudian teknik analisis data yang digunkan yaitu pengorganisasian data, membaca dan membuat memo, deskripsi, klasifikikasi dan penafsiran data, dan penyajian dan memvisualisasikan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas Sedarmayanti (2009) yang menyebutkan bahwa efektivitas memiliki indikator Input, Proses Produksi, Hasil (Output) dan Produktivitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pengelolaan pengaduan pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang berjalan dengan baik, akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang belum efektif yaitu: sumber daya manusia yang masih terbatas, tidak ada anggaran khusus untuk pelaksanaan program, tidak ada pelatihan atau pengemabngan secara khusus untuk petugas pengelola pengaduan dan tidak ada motivasi secara materil yang diberikan untuk petugas pelaksana kegiatan pengelolaan pengaduan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pelayanan; Pengelolaan Pengaduan
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Marlina Siti Nurjanah
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:24
Last Modified: 09 Aug 2021 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41666

Actions (login required)

View Item View Item