Pengaruh Ridha terhadap kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19 : Studi kepada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016

Mustika, Sonia Katerina Ayu (2021) Pengaruh Ridha terhadap kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19 : Studi kepada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover..pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak..pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_ bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami mahasiwa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016 yang berkaitan dengan proses pengerjaan skripsi di masa pandemi Covid-19, seperti kesulitan mengerjakan skripsi dikarenakan semua prosedur berubah melalui daring serta cemas karena skripsi tidak berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 dapat menggunakan ridha sebagai salah satu metode untuk menurunkan kecemasan atas permasalahan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ridha terhadap kecemasan pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi di masa pandemi Covid-19. Ridha adalah kondisi hati yang mampu menerima seluruh peristiwa yang terjadi di dunia serta berbagai macam bencana dengan keimanan yang kokoh, kondisi jiwa yang tentram dan dengan hati yang tenang. Bahkan, perasaan senang dan bahagia akan muncul saat menghadapi pahit getirnya takdir. Kecemasan adalah rasa khawatir dikarenakan sesuatu yang tidak jelas, berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti dan ketidakberdayaan. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 75 orang mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016. Hasil dari penelitian ini yaitu korelasi antara ridha dengan kecemasan yang menunjukan nilai korelasi sebesar -0,432 yang cukup signifikan berarti hipotesis diterima karena nilai signifikan < 0,05. Kesimpulannya, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara ridha tehadap kecemasan pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2016. Hasil koefisien korelasi sebesar -0,432 yang berarti bahwa korelasi tersebut bersifat negative, semakin tinggi tingkat ridha yang dimiliki seseorang maka semakin rendah tingkat kecemasannya. Nilai koefisien determinasi yang menunjukan hasil 0,206 ini artinya sebesar 20,6% kecemasan tereduksi oleh ridha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ridha; Kecemasan
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sonia Katerina Ayu Mustika
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:36
Last Modified: 09 Aug 2021 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41648

Actions (login required)

View Item View Item