Pembiasaan menghafal Matan kitab Tuhfatul Athfal hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Qur’an hadits : Penelitian terhadap siswa di kelas IX MTs Al-Amanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Khofifah, Resa Ayu Siti (2021) Pembiasaan menghafal Matan kitab Tuhfatul Athfal hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Qur’an hadits : Penelitian terhadap siswa di kelas IX MTs Al-Amanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, kegiatan belajar mengajar (KBM) di MTs Al-Amanah diawali dengan membaca Al-Qur’an bersama (tadarus) di aula yang diteruskan dengan menghafal bait ilmu tajwid beserta terjemahan sunda kitab tuhfatl athfal. Kebanyakan siswa antusias dengan kegiatan ini, namun ada beberapa siswa yang hasil belajar kognitifnya pada mata pelajaran Qur’an Hadits masih rendah. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai hubungan pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi tajwid di kelas IX MTs Al-Amanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di kelas IX MTs Al-Amanah. (3) Hubungan antara pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits di kelas IX MTs Al-Amanah. Penelitian ini bertolak dari hukum latihan bisa melakukan perubahan hasil belajar karena seringnya dilatih maka eksistensinya akan menjadi semakin kuat. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah jika pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal tinggi maka hasil belajar kognitif mereka juga tinggi. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes, dan studi dokumentasi dan menggunakan analisis data kuantitatif statistik parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas pembiasaan manghafal matan kitab tuhfatul athfal berkategori tinggi, berdasarkan hasil rata-rata sebesar 4,07 yang berada pada interval 3,40–4,19. (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits berkategori baik, berdasarkan hasil rata-rata sebesar 79,39 yang berada pada interval 70–79. (3) Realitas hubungan pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Qur’an Hadits berkategori sedang atau cukup. Hal ini berdasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,552 yang berada pada rentang interval 0,40–0,59. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil sebesar 3,9797 dengan derajat kebebasan 36 taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 2,03. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara pembiasaan menghafal matan kitab tuhfatul athfal dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Adapun hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 30,47% yang berarti bahwa terdapat 69,35% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; matan kitab tuhfatul athfal; hasil belajar kognitif; mata pelajaran Qur’an Hadits
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Resa Ayu Siti Khofifah
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:17
Last Modified: 12 Aug 2021 09:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41630

Actions (login required)

View Item View Item