Pengaruh pembelajaran daring pada pandemi Covid-19 terhadap antusias siswa dalam belajar: Penelitian kuantitatif survei di SD Negeri Nanjungmekar

Latifah, Alia (2021) Pengaruh pembelajaran daring pada pandemi Covid-19 terhadap antusias siswa dalam belajar: Penelitian kuantitatif survei di SD Negeri Nanjungmekar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dari yang semula bertatap muka secara langsung di tempat yang sama sekarang berubah menjadi pembelajaran yang dilaksanakan secara virtual dikarenakan adanya pandemi covid-19, sehingga diterapkannya pembelajaran daring. Tentunya pelaksanaan pembelajaran daring ini sedikitnya akan mempengaruhi antusias belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Nanjungmekar tahun 2021. Yang akan diungkapkan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di SD Nanjungmekar pada masa pandemi covid-19? (2) Bagaimana antusias belajar tematik siswa di SD Negeri Nanjungmekar pada saat belajar daring? (3) bagaimana pengaruh pembelajan daring terhadap antusias siswa dalam belajar tematik siswa pada masa pandemi covid-19?. Pembelajaran daring sangat dikenal dengan pembelajaran online (online learning) atau biasa kita kenal dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan dimana pengajar atau guru dan peserta didik tidak berhadapan mata secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei. Data diperoleh dari pengisian angket oleh siswa kelas 5 Sd Negeri Nanjungmekar. Pengujian data yang dilakukan ialah menghitung validitas dan reliabilitas instrumen agar layak digunakan dalam penelitian, menghitung presentase data, dan perhitungan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan pembelajaran daring di kelas 5 SD Negeri Nanjungmekar berada pada kategori sedang terbukti dari 31,25% (10) dari 32 siswa berada dalam kategori sedang. 2) antusias belajar tematik siswa dalam pembelajaran daring berada pada kategori rendah, terbukti 28,13% (9) dari 32 siswa berada dalam kategori rendah. 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring dengan antusias belajar siswa hal ini dibuktikan dari hasil r hitung sebesar 0,29 dengan N= 32-2=30 pada taraf signifikansi 5% bernilai 0,349. Hal tersebut menunjukan bahwa r hitung < r tabel. Maka hipotesis penelitian yang menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berpengaruh terhadap antusias siswa dalam belajar pada pandemi covid-19 di SD Negeri nanjungmekar tahun 2021 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Antusias Belajar
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alia Latifah
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:19
Last Modified: 09 Aug 2021 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41626

Actions (login required)

View Item View Item