Pengaruh perencanaan anggaran terhadap penurunan realisasi anggaran program peningkatan sarana dan prasarana aparatur tahun 2017-2019 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat

Mentari, Indra Ayu (2021) Pengaruh perencanaan anggaran terhadap penurunan realisasi anggaran program peningkatan sarana dan prasarana aparatur tahun 2017-2019 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah daerah mempunyai anggaran untuk membuat suatu perencanaan yang akan digunakan dalam periode tertentu untuk mencapai suatu tujuan organisasi, yang mana anggaran digunakan sebagai patokan dalam mengendalikan setiap aktivitas serta untuk mendanai berbagai program dan kegiatan di dalam suatu organisasi. Setiap instansi pemerintahan memiliki kewajiban untuk melaporkan realisasi anggaran yang merupakan suatu proses mengenai pelaksanaan atas apa yang sudah direncanakan serta dianggarkan bersama oleh anggota organisasi. Hal ini juga berlaku pada setiap program yang dilaksakan salah satunya program peningkatan sarana dan prasarana aparatur khususnya pada Bappeda Provinsi Jawa Barat. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara parsial maupun secara simultan mengenai seberapa besar pengaruh perencanaan anggaran terhadap realiasasi anggaran program peningkatan sarana dan prasarana aparatur di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Penulis meggunakan dua variabel dengan teori perencanaan anggaran menurut Heriyanto (2012) dengan dimensi partisipasi semua elemen, akurasi data, proses perencanaan anggaran, perencanaan dan kebutuhan, serta revisi dan perubahan anggaran. Kemudian teori realisasi anggaran menurut Manasan dan Mercado dalam Alimuddin (2018) dengan dimensi proporsional penyerapan anggaran, penumpukan kegiatan, dan presentase serapan anggaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif asosiatif. Poulasi yang digunakan 50 orang pegawai kesekretariatan Bappeda Provinsi Jawa Barat, serta sampel yang diambil yaitu sampel jenuh yaitu 50 pegawai. Pengujian statistik yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengujian validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, pengujian hipotesis secara parsial uji (T) dan secara simultan uji (F). Berdasarkan hasil penelitian uji T parsial dengan taraf sigifikansi 0,05, dimensi partisipasi semua elemen berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan Thitung (5.569) > Ttabel (2.00856). kemudian, dimensi akurasi data berpengaruh terhadap realisasi anggaran Thitung (4.768) > Ttabel (2.00856). Selain itu dimensi proses perencanaan anggaran berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan Thitung (6.129) > Ttabel (2.00856). Selanjutnya dimensi proses perencanaan dan kebutuhan berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan Thitung (5.281) > Ttabel (2.00856). Sedangkan dimensi revisi dan perubahan anggaran berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan Thitung (5.613) > Ttabel (2.00856). Adapun perencanaan anggaran secara simultan berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan FHitung > FTabel (5.580 > 4.047) Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi yaitu R Square menunjukan angka sebesar 0.612 atau 61.2% yang masuk dalam kategori (tinggi). Sementara itu 38,8% lainnya berasal dari faktor-faktor lainya yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Penganggaran; Realisasi anggaran
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
General Management > Budgeting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Indra Ayu Mentari
Date Deposited: 08 Aug 2021 23:19
Last Modified: 08 Aug 2021 23:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41615

Actions (login required)

View Item View Item